time 3 months yang lalu di topik #Handphone,Samsung

Mengintip 16 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus

Fitur Samsung Galaxy s8 dan Fitur Samsung Galaxy S8 Plus – Setelah membeli ponsel besutan terbaru dari Samsung tersebut pasti anda sudah tidak sabar menjajal semua fitur-fitur canggihnya. Sebagian fiturnya memang sudah kelihatan jelas kecanggihannya, namun jika menelisik ke dalam anda akan menemukan fitur-fitur lain yang sangat berguna. Berikut kami sajikan beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan serta fitur tersembunyi yang bisa anda temukan pada Samsung Galaxy S8 atau Galaxy S8+.

Advertisements

Inilah 16 Fitur Samsung galaxy S8 dan Galaxy S8 plus

1. Mode Power Saving untuk menghemat baterai

Ada dua cara untuk menghemat baterai Samsung Galaxy S8 maupun Galaxy S8+. Pertama anda bisa mengaktifkan mode Power Saving melalui menu settings > Device maintenance > Battery. Dari situ anda bisa memilih mode baterai. Selain itu anda bisa memanfaatkan App power monitor untuk menghentikan aplikasi yang dirasa berat ketika baterai sudah mau habis.

2. Membuat gambar animasi GIF

Jika anda mau membuat gambar berformat GIF dengan Samsung Galaxy S8 atau S8+ caranya sangat mudah. Ini adalah salah satu fitur tersembunyi samsung galaxy s8 yang cukup bermanfaat dan bisa bikin anda beda dari yang lain. Fitur ini tersembunyi pada menu Edge panels (menu yang terletak di sisi kanan atau kiri). Secara default jika anda Edge panels akan menampilkan shortcut aplikasi, tugas, ataupun kontak. Namun dengan mengaktifkan fitur Smart select melalui Settings > Display > Edge screen > Edge panels > Smart select, anda akan membuka beberapa fitur rahasia diantaranya adalah GIF maker.

3. Mengganti tampilan Iris Scanner

Iris Scanner adalah fitur yang sangat penting bagi keamanan ponsel anda. Salah satu kelebihan samsung galaxy s8 ini bekerja dengan teknologi biometrik. Untuk menghilangkan kesan flat anda bisa merubah tampilannya dengan berbagai pilihan gambar kartun. Fitur ini dikenal dengan nama Preview screen mask. Aktifkan melalui menu Setting app > Lock Screen and security > Iris Scanner > Preview screen mask.

4.  Merubah ukuran ikon pada Home screen dan App screen

Ikon aplikasi pada Home screen dan App screen disusun dalam bentuk grid. Anda bisa mengubah ukuran tampilannya sesuai keingingan mulai dari ukuran 4 x5, 4×6 dan 5×5. Khusus untuk App screen anda bisa mengubahnya lebih besar lagi hingga 5×6. Untuk merubah tekan tombol navigasi Home dan pilih Home screen setting.

5. Edge Lighting Notification

Ini adalah fitur galaxy s8 menarik yang wajib dicoba. Ketika fitur ini anda aktifkan maka lampu pinggiran layar akan menyala saat ada notifikasi masuk entah itu panggilan, sms atau notifikasi lainnya. Anda bisa memilih notifikasi dari aplikasi saja yang akan menyalakan lampu edge.

6. Mengubah posisi menu navigasi

Tombol navigasi pada hp Samsung yang ada dibawah biasanya disusun dengan urutan: Recents – Home – Back. Pada Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ anda bisa merubah susunan itu secara terbalik, dengan meletakkan tombol Back (kembali) di sebelah kiri Home. Fitur ini sangat bermanfaat khususnya bagi orang kidal. Untuk mengganti posisi tombol navigasi tersebut silahkan masuk ke Settings app > Display > Navigation bar.

7. Memanfaatkan berbagai macam funsgi filter video

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dibekali dengan bermacam-macam fungsi filter video. Jadi untuk menambahkan efek tertentu anda tidak perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Cukup arahkan jari anda ke Camera app dan pilih filter yang anda inginkan.

Advertisements

8. Mencari file dengan mudah

Ada sebuah cara unik untuk mencari file, foto, email dan pesan text di Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Kalau anda biasa memakai fasilitas search di komputer, maka fasilitas search di kedua ponsel tersebut dapat dengan mudah diakses dengan membuka menu aplikasi utama (app drawer). Tepat di atas app drawer anda bisa mencari file tersebut dengan mengetikkan nama file yang dingin dicari.

9.  Memutar musik di dua speaker atau headphone sekaligus

Tahukah anda bahwa dengan kedua ponsel tersebut anda bisa memutar lagu sekaligus dengan dua headphone atau speaker secara bersamaan melalui teknologi Bluetooth 5.0. Yang perlu diingat, headphone atau speaker yang dimaksudkan adalah yang sudah memiliki fitur Bluetooth juga. Untuk melakukan ini anda bisa mengaturnya melalui Settings app > Connections > Turn on Bluetooth > kemudian pilih menu berbentuk tiga titik letaknya di sisi atas kanan. Setelah itu pilih Dual Audio > Pair two sets of headphones or speaker. Pastikan juga headphone atau speaker sudah dalam jangkauan Bluetooth.

10.  Akses fingerprint sensor melalui gerakan tangan

Fitur sidik jari Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ tidak hanya berfungsi untuk membuka ponsel. Terlebih dari itu ada fungsi gesture (gerakan sapuan) untuk membuka fitur khusus. Jika anda mengusapnya kebawah maka otomatis akan membuka notifikasi terbaru dan jika anda mengusap ke atas akan memunculkan menu Samsung Pay. Tentu saja fitur ini harus disetting terlebih dahulu melalui Settings app > Advanced Features > Finger sensor gestures.

11. Mode satu tangan

Mode satu tangan terkadang sangat diperlukan seperti saat kita menggendong anak atau melakukan aktifitas tertentu. Jika anda ingin lebih mudah menggunakan ponsel dengan satu tangan, maka kedua ponsel canggih tersebut sudah memberi fasilitas. Dalam mode ini tampilan akan berubah lebih kecil. Caranya masuk ke menu Settings > Advanced features > One Handed Mode. Setelah fitur diaktifkan dipengaturan, untuk menggunakannya sewaktu-waktu anda tinggal tap tombol navigasi Home sebanyak tiga kali.

12. Bagi tampilan layar menjadi 2 (Split-Screen)

Fitur ini sangat menakjubkan karena anda bisa melakukan multi-tasking secara bersamaan dalam satu tampilan layar. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol Recent (secara default terletak di kiri tombol navigasi Home). Jika sudah muncul beberapa aplikasi maka anda akan melihat simbol dua kotak di sisi atas setiap aplikasi. Tap simbol tersebut dan otomatis layar akan dibagi menjadi dua.

Untuk mengembalikan ke mode biasa tap simbol yang ada ditengah-tengah dua aplikasi android yang sedang terbuka.

13. Ambil screenshot dengan mudah

Untuk mengambil screenshot anda tidak memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Cukup aktifkan fitur tersebut melalui Advanced features dan anda akan menemukan fitur Palm swipe to capture. Opsi ini memberi kemudahan untuk mengambil screenshot dengan usapan tangan baik dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya. Untuk mendapatkan full capture anda bisa mengaturnya dengan opsi Scroll capture yang akan muncul setelah gambar diambil.

14.   Ambil foto melalui Perintah Suara

Nampaknya Samsung benar-benar ingin memanjakan pengguna ponsel besutan terbarunya. Untuk ambil gambar anda bisa melakukan dengan perintah suara. Anda bebas menetukan perintah dengan terlebih dahulu ngaturnya pada menu setting di dalam aplikasi Kamera. Katakan apa saja yang anda inginkan maka itu akan menjadi perintah suara, mialnya “jepret”, “cheese” atau “smile”.

15. Blue light filter

Disaat malam sebelum tidur terkadang kita masih berbaring samping otak-atik hp. Tidak terasa mata terasa sakit karena efek pantulan yang ditimbulkan dari cahaya layar. Dengan Samsung Galaxy S8 atau Galaxy S8+ hal itu tidak akan terjadi lagi. Ada fitur Blue light filter yang dapat mengatur kecerahan sesuai dengan kondisi gelap malam dan bisa diatur kecerahannya sesuai keinginan. Anda bisa mengatur waktunya secara manual atau otomatis. Fitur ini dapat diatur di dalam menu Display.

16. Video stabilizer saat merekam

Advertisements

Fitu ini juga ada pada setiap ponsel high-end, namun Galaxy S8 dan S8+ memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur fitur tersebut secara manual. Sayangnya fitur ini tidak akan berfungsi jika anda merekam video pada resolusi qHD.

tabloid tags:

fitur tersembunyi samsung s8, trik samsung s8 plus, cara mengganti lampu edge pada samsyng s8, aplikasi tambahan untuk samsung s8, cara menghilangkan tanda di hp samsung s8
Mengintip 16 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus | admin | 4.5