Cara Menghemat Baterai pada Ponsel Android
Cara Menghemat Baterai pada Ponsel Android

Cara Menghemat Baterai pada Ponsel Android

Tabloid Hape – Energi yang digunakan untuk beroperasi dalam ponsel android berasal dari baterai, karenanya ketika memilih ponsel android, penting utnuk memperhatikan spesifikasi daya tahan baterai karena daya tahan akan mempengaruhi ketahanan ponsel saat aktif dan tidak menggganggu dengan situasi dimana baterai ponsel habis.

Daya tahan baterai harus dijaga agar hemat dan tidak cepat habis untuk menghindari seringnya proses charging. Ponsel android memang memiliki kecanggihan fitur seperti multi tasking, koneksi internet yang cepat dan mudah dan kegiatan ponsel lainnya, hal ini menggunakan baterai sebagai sumber energinya dan semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin cepat menyerap energy dari baterai ponsel. Karenanya, sangat penting untuk mengetahui tips menghemat baterai handphone android agar lebih tahan lama.

Kunci dari penghematan daya baterai adalah menggunakan ponsel android sesuai kebutuhan dan mengurangi hal – hal yang tidak atau jarang digunakan. Kecerahan pada layar ponsel mempengaruhi penggunaan baterai. Ada baiknya menyesuaikan kecerahan sesuai kemampuan mata, selain menghemat baterai juga menjaga kesehatan mata.

Tidak semua fitur dalam ponsel android selalu digunakan seperti WiFi, Bluetooth dan GPS, matikan semua fitur tersebut dan aktifkan saat hanya akan digunakan. Pengalihan koneksi dengan mematikan koneksi sellular bila berada di area WiFi atau mengurangi intensitas penggunaan ponsel dalam area yang tidak stabil sinyal akan memperingan kinerja baterai.

Dengan banyaknya wallpaper yang disediakan di application store dan dapat diunduh gratis sering kita gunakan wallpaper yang sesuai keinginan, pada umunya wallpaper dengan animasi gerak akan menyedot penggunaan baterai. Menggunakan wallpaper default dari ponsel memang membosankan dan terbatas pilihan namun baterai dapat dihemat.

Menggunakan volume suara yang cukup bisa didengar dan tidak mengaktifkan fungsi getar atau menyesuaikan penggunaan profil pada waktu – waktu tertentu sangat efektif untuk menghemat baterai. Selalu mengeceksemua aplikasi yang sedang digunakan bila sudah selesai untuk memastikan bahwa semua sudah tidak aktif. Ada perlunya memasang aplikasi task manager agar kita bisa selalu mengecek aplikasi – aplikasi yang masih aktif dan yang perlu dimatikan.

BACA JUGA:  Jaringan HP Tiba-tiba Hilang? Gampang, Begini Solusinya

Hindari kebiasaan sepele namun berimbas pada pemborosan daya baterai ponsel android dengan mengikuti prosedur untuk mengakhiri aplikasi yang benar. Kebanyakan pengguna ponsel ketika ingin keluar atau mengakhiri satu aplikasi akan melakukan prosedur singkat namun salah seperti menekan tombol ‘Home’, ini akan membuat aplikasi belum tertutup sempurna dan baterai tetap digunakan untuk mengaktifkan aplikasi tersebut.

Menambah aplikasi untuk baterai saver atau penghemat baterai akan berguna dalam penghematan daya karena aplikasi tersebut membantu mematikan aplikasi yang tanpa kita sadari masih aktif akibat proses inaktif yang kita lakukan dengan jalan pintas. Sehingga baterai ponsel tidak dihabiskan untuk sesuatu yang tidak digunakan dan baterai dapat digunakan secara optimal.