Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Mudah dan Murah

Bagi Anda pengguna telepon pintar khususnya dengan sistem operasi berlambang robot hijau, sudah dipastikan Anda memiliki puluhan bahkan hingga ratusan aplikasi yang terinstal di ponsel. Jenis aplikasinya pun beragam, mulai dari pemutar lagu, aplikasi edit foto maupun berbagai jenis permainan.

Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara membuat aplikasi android hingga dapat didownload dan digunakan oleh jutaan orang di dunia? Jika Anda ingin mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini. Dalam artikel ini akan dijelaskan peralatan atau tools yang dibutuhkan untuk dapat membuat sebuah aplikasi android.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, aplikasi yang diciptakan melalui tools tersebut tidak dapat serta merta langsung dapat didownload melalui Playstore. Ada beberapa langkah lanjutan agar aplikasi ciptaan Anda dapat ditemukan dalam Google Playstore.

Sudah dijelaskan di atas bahwa beberapa perangkat pembuat aplikasi android yang akan diuraikan di bawah ini hanya bertugas sebagai media dalam pembuatan aplikasi android. Aplikasi ciptaan Anda nantinya hanya akan berwujud apk yang biasanya didownload melalui website atau media sosial Anda.

Sedangkan untuk menampilkan aplikasi tersebut di Google Playstore, perlu langkah lanjutan seperti pendaftaran akun, pembayaran registrasi, hingga proses peluncuran dan promosi aplikasi. Dalam artikel ini, hanya akan dibahas cara membuat aplikasi Android dengan mudah dan murah tetapi belum termasuk pada cara untuk mendaftarkannya pada Google Playstore.

Sering kali, niatan seseorang untuk membuat aplikasi android terhalang oleh kemampuan koding yang belum dimiliki. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa website yang menyediakan tools sebagai media pembuatan aplikasi android tanpa diperlukannya kemampuan koding dari sang kreator aplikasi.

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Memanfaatkan Situs Gratis maupun Berbayar

 

1. Appery.io

Cara Membuat Aplikasi Android

Ini merupakan salah satu website yang pertama kali menyediakan jasa pengembangan mobile aplikasi baik android, iOS maupun windows phone yang memiliki banyak plugin API untuk menyederhanakan integrasi dengan service cloud dan sistem enterprise. Ini artinya, ketika Anda menggunakan website ini untuk membuat sebuah aplikasi, Anda dapat melakukannya tanpa mengunduh atau memasang suatu software sehingga dapat dilakukan di berbagai perangkat dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA:  10 Aplikasi Untuk Membuat Undangan Secara Online Gratis

Appery.io sudah sangat dikenal di dunia pengembangan mobile aplikasi. Sudah sejak tahun 2012, ulasan dari appery.io sudah mewarnai artikel majalah maupun website bergenre komputer. Sudah ada ratusan aplikasi yang Anda download melalui Playstore yang merupakan produk dari website pengembang mobile aplikasi ini.

Bagi Anda yang ingin menggunakan website tersebut sebagai salah satu cara membuat aplikasi android, ada beberapa paket yang ditawarkan yakni starter, standard, pro, premium dan enterprise. Untuk pengguna awal, Anda bisa memilih paket starter yang tersedia gratis untuk membuat 1 aplikasi. Meskipun gratis, appery.io tetap memberikan jatah 1.000.000 API call, penyimpanan sebesar 1 GB dan tetap memberikan dukungan melalui customer service dan technical sevicenya.

2. AppMachine

Cara Membuat Aplikasi Android

Cara membuat aplikasi android selanjutnya adalah menggunakan AppMachine. Dengan situs ini, Anda dapat membuat aplikasi baik untuk android, iOS maupun windows phone dengan tampilan yang sudah menyerupai aplikasi-aplikasi sekelas profesional.

AppMachine menyediakan konsep drag dan drop dan dikombinasikan dengan berbagai macam building block yang menawarkan berbagai fitur seperti teks informasi, foto, video, suara dan lain sebagainya. Cukup dengan melakukan setting sederhana, para pembuat aplikasi yang sedang memulai pengalaman barunya tidak akan merasa kesulitan.

Kelemahan dalam menggunakan AppMachine sebagai media pembuatan aplikasi android adalah harga paket yang ditawarkan memaksa Anda untuk merogoh kocek yang cukup dalam. Agar dapat membuat sebuah aplikasi android, Anda wajib untuk mendaftar paket Plus dengan harga $49. Sedangkan paket yang paling murah adalah paket Basic yang ditawarkan seharga $19, namun hanya disediakan aplikasi HTML5. Atau dengan kata lain, Anda belum dapat menggunakannya pada smartphone.

3. AppMakr

Cara Membuat Aplikasi Android

Cara membuat aplikasi android dapat juga dengan menggunakan AppMakr. Dengan menuju situs ini, Anda dapat membuat aplikasi android yang berkualitas tanpa harus menguasai koding. Dengan memanfaatkannya, Anda dapat memasang nama Anda sendiri atau bukan atas nama AppMakr.

Kelebihan lain memanfaatkan AppMakr adalah Anda dapat membuat sebuah aplikasi android secara gratis, namun di dalamnya terselip beberapa iklan-iklan yang sering kali ditampilkan.

BACA JUGA:  Aplikasi Editing Foto dan Video Android Paling Populer

Sedangkan cara membuat aplikasi android yang tidak disisipi beberapa iklan adalah dengan berlangganan paket App Basics seharga $1 per bulan dan App Pro seharga $9 per bulan. Perbedaan dari dua paket ini adalah paket App Basics hanya digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan dalam platform android, sedangkan untuk App Pro dapat pula diinstal dalam telepon dengan sistem operasi iOS.

Perbedaan lainnya adalah dengan mendaftar paket App Pro, AppMakr akan mempermudah jalan untuk mempublish aplikasi buatan Anda dalam Google Playstore maupun Appstore. Menggunakan AppMakr untuk membuat aplikasi android bisa dibilang salah satu cara yang mudah karena situs ini tersedia dalam 14 bahasa termasuk Indonesia. Karena itu, dalam melakukan setting seperti peletakan gambar, header, logo maupun latar belakang akan terasa jauh lebih mudah.

4. Appy Pie

Cara Membuat Aplikasi Android

Appy Pie adalah situs selanjutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara membuat aplikasi android. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menguasai kemampuan koding. Anda juga tidak perlu memasang maupun mengunduh software-software tertentu, cukup dengan sistem drag and drop.

Setelah selesai dibuat, aplikasi yang Anda ciptakan dapat dipublish tidak hanya untuk telepon genggam berbasis android, namun juga bersistem operasi iOS, Blackberry, Windows Phone dan Kindle. Cara membuat aplikasi android untuk jenis permainan atau game juga dapat menggunakan Appy Pie. Kini sudah dikembangkan fitur Game builder sehingga Anda bisa juga memulai memuat game android sesuai keinginan.

Untuk harga paketnya, tersedia dalam beberapa pilihan yaitu Free, Basic, Gold, dan Platinum. Untuk paket free tentunya gratis, namun hanya dapat digunakan untuk membuat aplikasi HTML5 dan aplikasi android dengan fitur yang sangat terbatas dan beberapa sisipan iklan. Jika ingin mengupgradenya, Anda dapat berlangganan paket Basic yang ditawarkan mulai dari $7 per bulan.

5. GoodBarber

Cara Membuat Aplikasi Android

GoodBarber merupakan salah satu cara membuat aplikasi android lainnya yang menawarkan berbagai pilihan tema. Lebih dari 350 desain logo yang berkualitas, tersedia pula 600 font Google yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan aplikasi Anda. Melalui situs ini, Anda dapat membuat aplikasi android maupun iPhone. Sayangnya, paket yang tersedia tidak ada yang ditawarkan secara gratis.

BACA JUGA:  10+ Aplikasi Penambah Followers Instagram Gratis dan Aman

Itulah tadi beberapa cara membuat aplikasi android yang dapat Anda coba dengan memanfaatkan beberapa situs berbayar maupun gratis. Beberapa situs di atas menyediakan ragam fitur yang akan memudahkan Anda untuk menciptakan aplikasi android yang beraneka ragam seperti edit foto maupun mobile game.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara membuat aplikasi android di atas merupakan cara-cara untuk membuat aplikasi dalam format apk. Dengan kata lain, Anda juga harus mempelajari cara-cara mendaftarkan aplikasi yang telah dibuat pada Google agar dapat dengan mudah diunduh melalui Playsotre oleh jutaan pengguna android di dunia.