3 Cara Mengatasi HP Android Mati Total Dengan Mudah

Masalah yang sering dialami pengguna Android seperti ponsel yang mati total memang cukup mengkhawatirkan. Untuk itu tentunya Anda harus mengetahui Cara Mengatasi HP Android Mati Total. Sampai saat ini masih banyak pengguna Android yang belum mengetahui tips Android ini. Sehingga bila terjadi masalah Android mati total mereka akan langsung membawanya ke service center terdekat.

Ketergantungan kita pada perangkat Android memang tidak bisa dihindarkan lagi. Karena aktivitas sehari hari, seperti belanja, mencari informasi, hiburan dan sebagainya akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan Android. Jadi tidak salah jika Cara Mengatasi HP Android Mati Total sangat kita perlukan jika sewaktu-waktu masalah ini terjadi.

Cara Mengatasi HP Android Mati Total

Beberapa faktor penyebab hp Android mati total seperti ini diantaranya adalah kesalahan rooting, beratnya kinerja RAM dan kustomisasi ROM yang tidak sempurna. Sehingga menyebabkan hp Android restart sendiri. Dan saat dihidupkan kembali hanya menampilkan logo awal saja dan akhirnya kembali mati.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti ini Anda tidak perlu buru-buru membawa ponsel Anda ke service center. Sebaiknya Anda mencoba sendiri melakukan perbaikian hp Android Anda di rumah.

Di samping itu Anda juga tidak perlu panik dalam mengatasi masalah seperti ini. Karena Anda dapat mencoba Cara Mengatasi HP Android Mati Total. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui apa saja tingkatan yang membuat hp Android mati total seperti dibawah ini.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Peringatan Penggunaan Data Di Handphone Android

Tingkatan Error dan Cara Mengatasinya

1. Android Light Bootloop (Bootloop Ringan)

Kerusakan ini merupakan tingkatan error yang paling ringan. Biasanya hal ini terjadi pada saat instal aplikasi tiba-tiba perangkat mengalami reboot dengan sendirinya. Dan pada saat dihidupkan hanya memunculkan logo merk hp saja dan mati kembali.

Hal ini biasanya disebabkan oleh aplikasi yang tidak mendukung atau terlalu berat untuk dijalankan. Dan untuk Cara Mengatasi HP Android Mati Total yang sepert ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan seperti berikut ini.

  • Pertama Anda harus melepas SIM card, SD card serta baterai yang terpasang selama kurang lebih 20 menit.
  • Selanjutnya pasang kembali beberapa komponen yang dilepaskan tadi kemudian aktifkan smartphone Anda.
  • Bila sudah berhasil menyala, sebaiknya Anda flashing

Apabila cara diatas tidak berhasil dan hp Android Anda tidak mau menyala, maka smartphone Anda terkena tingkatan error yang kedua yakni Android Medium Bootloop.

2. Android Medium Bootloop (Bootloop Sedang)

Hal ini biasanya terjadi pada saat kita sedang mengoperasikan hp Android dan masuk ke System Recovery dimana bagian ini biasanya digunakan untuk melakukan Rooting. Namun karena terjadi masalah pengaturan maka smartphone, maka hp Android Anda mati. Cara Mengatasi HP Android Mati Total seperi ini adalah sebagai berikut.

  • Sama seperti langkah yang pertama Anda harus melepaskan beberapa komponen tadi seperti SIM card, SD card dan baterai.
  • Sambungkan hp Android Anda dengan perangakat PC dengan kabel USB
  • Selanjutnya Anda tekan tombol power, volume up dan volume down secara bersamaan hingga terdengan bunyi “beep” pada PC.
  • Namun jika PC tidak mengeluarkan bunyi, maka terus tekan ketiga tombol tersebut hingga 1 – 3 menit.
  • Kemudian pasang kembali baterai dan SIM card lalu aktifkan.
  • Bila berhasil menyala segera lakukan flashing.
BACA JUGA:  Cara Menghemat Kuota Data Handphone Android

Akan tetapi bila cara yang kedua juga masih belum ada hasilnya atau masih gagal berarti hp Android Anda memang mangalami kerusakan yang parah masuk kategori Android Hard Bootloop.

3. Android Hard Bootloop (Bootloop Tingkat Berat)

Masalah hp Android mati total yang satu ini biasanya terjadi ketika kita akan mengupdate versi OS Android yang menggunakan langkah rooting. Dalam mengupdate versi OS dengan langkah seperti ini kita harus mengedit scrip pada OS Android tersebut agar dapat masuk pada sistem admin Android.

Pada proses inilah biasanya akan terjadi bootloop tingkat berat tersebut. Bila smartphone kita terjadi Android Hard Bootloop maka yang akan terjadi adalah pada saat dinyalakan hp Android tersebut hanya sampai pada logo lalu berhenti. Untuk mengatasi hp Andoid mati total yang satu ini ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Karena proses ini menggunakan perangkat PC, maka gunakanlah PC yang telah menggunakan program java.
  • Selanjutnya silahkan download software One Click Unbrick pada PC tersebut
  • Lalu sambungkan smartphone Android yang mengalami masalah dengan PC tersbut menggunakan kabel data.
  • Setelah terkoneksi, selanjutnya silahkan buka software One Click Unbrick.
  • Selanjutnya klik “unsoft brick”. Lalu silahkan Anda tunggu sampai muncul pesan Error. Setelah itu silahkan klik “Resolution Center”.
  • Selanjutnya klik menu “extract current folder” yang ada di folder heimdall.
  • Setelah Anda masuk pada menu tersebut, selanjutnya Anda copy file “one click loader” dan “one click unbrick” yang sudah terdownload pada folder heimdall.
  • Selanjutnya jalankan software “one click loader” dengan cara klik kanan pada software tersebut lalu pilih “run as administrator”
  • Kemudian klik menu “unsoft brick” kembali. bila pesan error muncul kembali abaikan, setelah itu lakukan restart pada komputer.
  • Bila hal tersebut sudah selesai, lepas kabel data pada komputer. Selain itu lepas juga komponen seperti SD card, SIM card dan juga baterai tunggu beberapa saat.
  • Setelah itu pasang kembali baterai smartphone dan aktifkan.
  • Bila sudah aktif masuk pada mode download dengan cara menekan tombol home, power dan volume down secara bersamaan.
  • Bila sudah berhasil lakukan flashing.
BACA JUGA:  Cara Download Video Dan Gambar Dari Instagram

Untuk cara yang ketiga ini memang memiliki proses yang cukup panjang, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa hal ini untuk mengatasi Bootloop tingkat berat.

Dengan demikian maka selesai sudah ulasan mengenai Cara Mengatasi HP Android Mati Total yang dapat kami sajikan. Semoga dengan menyimak sedikit ulasan tentang tips dan trik diatas dapat memberi manfaat yang besar bila Anda mengalami kerusakan pada smartphone Anda.