cara backup data iphone tanpa itunes

5 Cara Backup Data iPhone Tanpa iTunes

Salam hangat, Sobat Tekno! Jika kamu pengguna iPhone, pasti pernah mengalami kehilangan data yang tersimpan di dalamnya. Sebagai solusinya, kamu dapat melakukan backup data secara rutin. Namun, banyak orang yang kesulitan melakukan backup karena terbatasnya ruang penyimpanan di iCloud atau tidak ingin menggunakan iTunes. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas cara backup data iPhone tanpa iTunes dengan mudah dan cepat. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara backup data iPhone tanpa iTunes adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan, seperti iMazing, AnyTrans, atau Dr.Fone. Kamu dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui App Store atau situs resmi masing-masing aplikasi. Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut dan sambungkan iPhone kamu ke komputer dengan kabel USB.

2. Backup Data ke Komputer

Setelah terhubung, kamu dapat memilih menu backup pada aplikasi yang kamu gunakan. Pilih backup data ke komputer dan tunggu hingga proses selesai. Pastikan komputer kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data backup. Setelah selesai, kamu dapat memeriksa backup data dengan cara membuka aplikasi tersebut dan memilih menu restore untuk memulihkan data.

3. Backup Data ke Cloud

Selain backup ke komputer, kamu juga dapat melakukan backup data iPhone ke cloud. Ada banyak layanan cloud yang dapat digunakan, seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Kamu dapat mengunduh aplikasi layanan cloud tersebut melalui App Store atau situs resmi masing-masing layanan. Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut dan pilih menu backup.

4. Backup Data ke Eksternal Hard Drive

Jika kamu ingin menyimpan data backup di luar komputer, kamu dapat melakukan backup data ke eksternal hard drive. Sambungkan eksternal hard drive ke komputer kamu dan pilih menu backup pada aplikasi yang kamu gunakan. Pilih backup data ke eksternal hard drive dan tunggu hingga proses selesai. Pastikan eksternal hard drive memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data backup.

BACA JUGA:  6 Aplikasi iPhone Terbaik Jaman Dulu (Jadul)

5. Gunakan Fitur Bawaan iPhone

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga dapat menggunakan fitur bawaan iPhone untuk melakukan backup data. Kamu dapat melakukan backup ke iCloud atau komputer menggunakan kabel USB. Untuk backup ke iCloud, buka menu pengaturan pada iPhone kamu dan pilih iCloud. Pilih menu backup dan nyalakan fitur iCloud Backup.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara backup data iPhone tanpa iTunes yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan backup secara rutin, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data yang tersimpan di iPhone kamu. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!