7 Cara Mengatasi Alarm Android yang Tidak Berfungsi

Tabloidhape.com – Saya sudah setting alarm tapi kok alarm saya tidak bunyi ya? Beberapa pengguna Android mungkin pernah mengalami masalah alarm tidak bunyi. Jika Anda salah satunya, artikel ini akan memberikan cara mengatasi alarm android yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Alarm Android yang Tidak Berfungsi

Bayangkan menjaga alarm untuk penerbangan pagi dan tidak pernah berdering. Bahkan pikiran itu membuatku merinding. Jika masalah terjadi sekali dengan Anda, perbaiki secepatnya. Anda tidak harus menunggu sampai hal itu terjadi lagi.

Untungnya, masalah ini mudah diperbaiki, dan sebagian besar terjadi karena beberapa pengaturan yang diubah. Mari kita lihat berbagai cara untuk memperbaiki alarm yang tidak berdering di ponsel Android berikut ini.

1. Restart Android

Seperti biasa, perbaikan pemecahan masalah pertama harus me-restart telepon Anda. Jadi hentikan apa pun yang Anda lakukan dan tekan tombol restart.

2. Periksa Volume Alarm

Beberapa ponsel Android, terutama yang menjalankan Android stock , datang dengan pengaturan terpisah untuk mengontrol volume alarm. Jika volume itu diam, Anda tidak akan mendengar alarm Anda. Jadi, tambah volume alarmnya.

Untuk itu, buka Pengaturan diikuti oleh Suara. Di sini Anda akan menemukan berbagai slider volume. Tambah penggeser di sebelah Volume alarm. Jika bilah geser tidak tersedia secara langsung, Anda akan menemukan opsi Volume. Ketuk itu, dan Anda akan memiliki slider volume.

Atau, tekan tombol volume atas atau bawah pada ponsel Anda. Slider volume perangkat lunak akan terbuka. Ketuk ikon opsi untuk langsung ke bilah volume lainnya. Tambah volume Alarm.

3. Periksa Nada Alarm

Kadang-kadang, nada alarm yang dipilih tidak berfungsi — baik karena file yang rusak atau file telah dipindahkan. Dalam kasus seperti itu, ketika alarm mulai berdering, Anda tidak akan mendengar apa pun. Jadi, verifikasi apakah nada alarm berfungsi atau tidak.

Untuk memeriksa dan memverifikasi nada alarm, buka aplikasi Jam. Klik pada Alarm Anda. Anda akan menemukan opsi nada. Ketuk nada dan lihat apakah itu diputar tanpa masalah. Jika Anda mencoba menggunakan nada yang telah Anda unduh atau tambahkan dari mana saja, coba gunakan nada sistem untuk alarm.

4. Periksa Pengaturan Suara

Dalam sebagian besar kasus, notifikasi dari aplikasi Clock dibungkam secara tidak sengaja. Itu terjadi karena orang dapat dengan mudah mematikan notifikasi untuk aplikasi apa pun langsung dari panel notifikasi dengan menggeseknya.

Anda harus mengaktifkan pemberitahuan aplikasi Jam di pengaturan. Untuk itu, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda dan buka Aplikasi atau Aplikasi & pemberitahuan.
  • Cari Jam di bawah Semua aplikasi. Ketuk itu.
  • Ketuk Notifikasi. Jika sakelar Tampilkan pemberitahuan dinonaktifkan, aktifkan sakelar itu.

Jika sudah aktif, ketuk opsi yang tersedia di dalam Notifikasi seperti Alarm yang akan datang, Waktu tidur, dll. Pastikan pemberitahuan diaktifkan untuk setiap pengaturan. Selanjutnya, jika Anda melihat pengaturan Prioritas, alarm harus dijaga pada prioritas tinggi.

5. Periksa Pengaturan “Don’t disturb Mode”

Meskipun mode Don’t disturb (DND) adalah fitur keren di smartphone namun fitur ini bisa menyebabkan masalah di aplikasi yang lain. Alasannya adalah bahwa pengguna tidak memeriksa pengaturan DND dengan benar. Bahkan jika alarm tidak berdering, mungkin penyebabnya adalah pengaturan DND yang salah.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya.

  • Buka Pengaturan dan pergi ke Sound.
  • Ketuk pada “Don’t disturb“. Pada beberapa ponsel, Anda mungkin menemukan pengaturan Jangan ganggu di dalam Pengaturan> Pemberitahuan.
  • Ketuk pada Lihat semua pengecualian atau Izinkan pengecualian. Di sini Anda akan menemukan opsi Alarm. Pastikan sakelar di sebelahnya dihidupkan.

6. Bersihkan Cache dan Data

Mengosongkan cache dan data untuk aplikasi Clock telah membantu banyak pengguna Android. Kelemahan dari menggunakan perbaikan ini adalah bahwa jika Anda menghapus data, Anda akan kehilangan alarm lama Anda. Entah mengambil screenshot dari alarm yang ada sehingga mudah untuk membuat mereka lagi atau catatan mereka turun.

Untuk menghapus cache dan data untuk aplikasi Jam, buka Pengaturan telepon > Aplikasi > Jam, lalu Ketuk Penyimpanan. Di sini Anda akan menemukan Bersihkan cache dan Hapus tombol penyimpanan / data. Ketuk pada Clear cache terlebih dahulu. Mulai ulang ponsel Anda. Jika masalah berlanjut, ketuk pada Hapus penyimpanan.

7. Copot Instalasi Pembaruan

Aplikasi Clock tidak dapat sepenuhnya dihapus dari ponsel Anda. Tetapi Anda dapat menghapus pembaruan terbaru dan mengembalikannya ke versi pabrik. Itu sangat berguna bagi beberapa pengguna yang mengalami masalah yang sama.

Untuk itu, buka Pengaturan > Aplikasi > Jam. Ketuk ikon tiga titik di bagian atas dan pilih Copot pemasangan pembaruan. Setelah diinstal, buka Play Store dan perbarui aplikasi Jam dari bagian Aplikasi saya. Jika tidak ada pembaruan, tunggu beberapa saat, aplikasi akan memperbarui secara otomatis.

Demikianlah artikel Tabloidhape.com kali ini mengenai cara mengatasi alarm android yang tidak berfungsi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.