7+ Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi / Tidak Berfungsi

Tabloidhape.com – Bluetooth mengubah cara kita untuk menghubungkan berbagai perangkat. Berkat itu, seseorang dapat terbebas dari kekacauan tali kusut. Karena driver Bluetooth sudah diinstal sebelumnya di hampir semua perangkat, itu membebaskan kita dari tugas menginstal lebih banyak perangkat lunak pihak ketiga.

Namun, tidak ada yang sempurna. Kadang-kadang, ketika kita tidak mengharapkannya, Bluetooth mulai membuat ulah pada Windows 10. Entah itu tidak terhubung dengan perangkat yang sudah dipasangkan atau Windows tidak mendeteksi perangkat Bluetooth yang tersedia.

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi

Jadi apa yang harus dilakukan dalam keadaan seperti itu? Nah, jangan khawatir. Cukup ikuti tutorial Cara mengatasi bluetooth laptop tidak terdeteksi / tidak berfungsi.

1. Restart Laptop

Seperti biasa, solusi utama adalah me-restart PC Anda. Tanpa menunggu lebih jauh, cobalah. Kemudian coba sambungkan perangkat Bluetooth Anda ke PC / Laptop.

2. Nonaktifkan Blurtooth

Mirip dengan me-restart PC Anda, Anda harus mencoba mematikan dan pada perangkat Bluetooth yang bermasalah. Semoga me-restart perangkat akan memperbaiki masalah ini.

3. Remove Device Lain

Jika masalahnya hanya pada perangkat Bluetooth tertentu atau berbagi di sekitarnya tidak berfungsi , maka lepaskan dari perangkat yang dipasangkan. Setelah selesai, pasangkan lagi.

Untuk memutuskan pemasangan alat Bluetooth, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Pengaturan pada PC Windows Anda dan pergi ke Perangkat.
  • Klik pada Bluetooth & perangkat lain. Anda akan menemukan perangkat yang dipasangkan terdaftar di sana. Klik salah satu yang membuat Anda kesulitan dan tekan tombol Hapus perangkat.
  • Perbaiki perangkat Bluetooth.

4. Putuskan Sambungan Dari Bluetooth Lain

Biasanya, menggunakan beberapa perangkat Bluetooth seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi kadang-kadang, perangkat lain masuk di antaranya dan menghambat konektivitas dengan perangkat yang diperlukan. Jadi coba putuskan sambungan perangkat lain yang terhubung dan lihat apakah perangkat yang Anda coba terhubung berfungsi.

5. Perbarui Bluetooth Driver

Sebagian besar, masalah ini disebabkan oleh versi driver Bluetooth yang bermasalah. Untuk memperbaikinya, Anda harus memperbarui driver. Jangan khawatir. Prosedurnya tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Device Manager dengan mengklik kanan ikon Start Menu. Anda juga dapat menggunakan tombol Windows + X shortcut untuk membuka menu akses cepat. Klik pada Device Manager dari sana.
  • Ketuk panah bawah kecil di sebelah Bluetooth untuk membuka daftar driver. Klik kanan pada adaptor dan pilih Update driver dari menu.
  • Klik Cari secara otomatis dan ikuti instruksi di layar untuk memperbarui driver.

6. Uninstall Driver Bluetooth

Jika pembaruan tidak memperbaiki masalah konektivitas Bluetooth, coba hapus instalan driver. Untuk itu, ulangi langkah 1 dan 2 dari solusi sebelumnya. Namun, alih-alih mengklik pada pembaruan Driver, klik pada Uninstall driver.

Setelah dihapus, mulai ulang PC Anda. Lalu tunggu selama 5 menit untuk menghubungkan perangkat Bluetooth Anda. Itu dilakukan untuk membiarkan PC Anda menginstal driver yang diperlukan lagi.

7. Restart Bluetooth Service

Jika layanan Bluetooth tidak berjalan pada PC Anda, itu dapat menghambat fungsinya juga. Anda harus memastikan itu diaktifkan. Untuk itu, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Cari di PC Anda dan ketik services.msc . Anda juga dapat membukanya melalui Run prompt.
  • Cari Layanan Dukungan Bluetooth. Pertama, pastikan layanan berjalan. Itu ditunjukkan oleh Menjalankan yang ditunjukkan di bawah kolom Status. Dalam hal, itu tidak berjalan, klik kanan padanya dan pilih Mulai dari menu. Jika layanan sudah berjalan, klik kanan dan pilih Restart.

8. Jalankan Troubleshooter

Terkadang, pemecah masalah bawaan juga dapat menyelamatkan Anda dari masalah konektivitas Bluetooth yang mengganggu.

  • Untuk memulai proses pemecahan masalah, ikuti langkah-langkah ini:
  • Buka Pengaturan pada PC Anda dan klik pada Pembaruan & Keamanan.
    Klik pada Troubleshoot dari sidebar kiri.
  • Di sisi kanan, gulir ke bawah dan klik pada Bluetooth yang ada di bawah Temukan dan perbaiki masalah lain. Kemudian klik pada opsi Jalankan pemecah masalah untuk memulai proses otomatis. Ikuti instruksi pada layar.

9. Update Windows

Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang berguna, periksa pembaruan Windows . Terkadang, masalahnya adalah pada Windows itu sendiri sementara pengguna terus mencari solusi.

Untuk memeriksa pembaruan, buka Pengaturan> Pembaruan & Keamanan. Klik Pembaruan Windows dan tekan tombol Periksa pembaruan. Instal pembaruan jika tersedia. Kemudian restart PC Anda setelah menginstal pembaruan.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai Cara mengatasi bluetooth laptop tidak terdeteksi / tidak berfungsi di Windows 10. Terimakasih dan semoga bermanfaat.