cara agar HP tidak disadap

Cara Agar HP Tidak Disadap dan Cara Untuk Mengetahuinya

Tabloidhape.com – Seluruh pengguna HP harus waspada terhadap risiko penyadapan ponsel mereka. Masalah besar ini dapat menimpa siapa saja. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu tanda-tanda penyadapan dan melakukan berbagai cara agar HP tidak disadap.

Ini karena penyadapan dapat mengakibatkan pencurian data pribadi Anda. Selain itu, penyadap bahkan bisa menguras rekening Anda dengan melakukan transaksi keuangan illegal.

Lantas, bagaimana cara agar HP aman tidak disadap? Ikuti beberapa tips berikut sekaligus cara mendeteksi apakah ada penyadapan di ponsel Anda.

Cara Agar HP Tidak Bisa Disadap

cara agar HP aman tidak disadap

Perkembangan teknologi menjadi pedang bermata dua. Selain membawa manfaat, teknologi juga meningkatkan banyak risiko kejahatan. Salah satunya adanya kasus penyadapan.

Aktivitas penyadapan termasuk tindak pidana. Hal ini tercantum pada UU telekomunikasi nomor 36 tahun 1999. Adapun menurut Undang-undang tersebut, hukuman untuk pelaku penyadapan adalah kurungan maksimal 10 tahun [1].

Hukuman tersebut wajar karena kasus penyadapan sangat merugikan. Selain pencurian data-data pribadi, penyadapan juga bisa mengakibatkan hilangnya saldo di rekening Anda.

Lalu, bagaimanakah cara mencegah HP tidak disadap? Ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Install Aplikasi Anti Penyadapan

cara agar HP tidak bisa disadap

Salah satu tips yang praktis untuk mencegah terjadinya penyadapan di HP Anda adalah dengan menginstal aplikasi tertentu. Ada banyak pilihan aplikasi agar HP tidak bisa disadap.

Misalnya, Anda bisa menginstal Anti Spy Mobile Free atau Spy Mobile Remover. Aplikasi tersebut akan mendeteksi adanya spyware yang mencuri data serta menguras baterai dan kuota internet Anda.

2. Mengganti Password

cara mencegah agar HP tidak disadap

Tips selanjutnya untuk mencegah penyadapan adalah dengan mengganti seluruh password Anda. Sebagai contoh, Anda bisa mengubah password email dan juga PIN kunci layar.

BACA JUGA:  Cara Menghidupkan HP yang Mati Total (100% Work)

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan alamat email cadangan. Email yang terhubung dengan email utama ini bisa untuk mengantisipasi penyadapan.

3. Gunakan VPN secara Bijak

aplikasi agar HP tidak bisa disadap

Apakah Anda menggunakan aplikasi VPN? Pastikan Anda hanya menggunakannya untuk keperluan yang penting saja. Ini karena VPN dapat mengenkripsi jaringan internet di HP Anda.

Sehingga, hal ini dapat meningkatkan risiko pencurian data-data di HP Anda. Apalagi jika Anda menggunakan aplikasi VPN yang gratis.

Salah satu kasus besar yang terungkap oleh peneliti Cybersecurity adalah bocornya data pribadi milik 360 juta pengguna aplikasi VPN gratis SuperVPN [2]. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan VPN.

4. Lakukan Factory Reset

Selanjutnya, cara menghentikan HP disadap jarak jauh adalah dengan melakukan reset pabrik. Pengaturan ini akan mengubah HP ke setelan awal seperti saat pertama kali membelinya.

Metode ini menjadi solusi ampuh penyadapan. Ini karena factory reset akan menghapus semua aplikasi baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.

Factory reset akan mengembalikan ponsel ke kondisi awal, pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan reset agar tidak kehilangan data tersebut.”

5. Menggunakan Kode Tertentu

Selain cara di atas, Anda juga bisa menghentikan penyadapan dengan menekan kode USSD tertentu. Cobalah untuk menekan #002# di menu panggilan telepon.

Adapun fungsi dari kode ini adalah untuk menonaktifkan pengalihan panggilan di HP Anda. Selain kode tersebut, Anda juga bisa menekan kode *#61# untuk menonaktifkan peretasan atau penyadapan.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba kode USSD *#62# untuk melakukan verifikasi nomor pengalihan panggilan.

Cara Mengetahui HP Kita Disadap

Sebagian besar korban penyadapan tidak menyadari bahwa mereka sedang disadap. Untuk mewaspadai hal tersebut, Anda harus lebih peka terhadap beberapa tanda yang terjadi di ponsel Anda.

Berikut adalah beberapa indikasi penyadapan pada ponsel Anda.

1. Baterai Cepat Habis

Jika baterai Anda menjadi lebih boros dari biasanya, hal ini bisa menjadi salah satu pertanda adanya penyadapan. Ini karena aplikasi penyadapan tetap beroperasi meskipun Anda sedang tidak menggunakan HP tersebut.

BACA JUGA:  Layar HP Kedap Kedip? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain daya baterai yang cepat habis, ponsel juga sering panas. Jika hal ini terjadi, Anda harus waspada menjadi korban penyadapan.

2. Aktivitas Mencurigakan di Ponsel

Ciri lain dari penyadapan adalah adanya aktivitas tidak wajar ponsel Anda. Misalnya, HP Anda sering mati dan menyala sendiri. Selain itu, mungkin ponsel Anda menginstal aplikasi tertentu tanpa sepengetahuan Anda.

Aktivitas lainnya yang mungkin terjadi adalah seringnya muncul iklan pop-up. Iklan tersebut bisa menjadi tanda bahwa ponsel sedang terserang malware atau spyware.

3. Ponsel Sulit Mati

Tanda lain penyadapan adalah terjadinya masalah saat Anda ingin mematikan ponsel. Biasanya HP yang sedang disadap akan menjadi sulit dinonaktifkan.

Ponsel Anda menjadi lemot dan tombol power tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal ini terjadi karena ada pihak yang tidak bertanggungjawab yang sedang mengendalikan ponsel Anda.

4. Boros Kuota Internet

Jika Anda menggunakan data seluler untuk keperluan mengakses internet sehari-hari, Anda akan menyadari bahwa penggunaan kuota internet Anda akan lebih banyak dari biasanya.

Hal ini terjadi karena ada aplikasi tersembunyi yang tetap beroperasi dan menggunakan data seluler Anda meskipun Anda sedang tidak menggunakan ponsel tersebut.

5. Adanya Aplikasi Asing

Tanda lain dari penyadapan adalah adanya aplikasi asing Anda tidak pernah mengunduh aplikasi tertentu. Aplikasi ini bisa saja menguras informasi dan data pribadi Anda.

Oleh karena itu, saat menemukan aplikasi yang tidak Anda kenali di ponsel, Anda harus segera meng-uninstall aplikasi tersebut.

6. Periksa Penyadapan dengan Kode USSD

Untuk memastikan bahwa Anda mengalami penyadapan, Anda bisa memeriksanya dengan menekan kode USSD *#21#. Selain itu, kode lainnya yang bisa Anda coba adalah *#06#.

Adapun fungsi dari kode tersebut adalah untuk meminta informasi dari provider kartu seluler terkait pengalihan panggilan dan transfer data ke pihak lain. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah terjadi penyadapan terhadap ponsel Anda.

Itulah beberapa cara agar HP tidak disadap. Dengan mewaspadai beberapa tanda di atas, Anda bisa mengetahui apakah ada penyadapan di ponsel Anda. Jika terdapat indikasi penyadapan, Anda bisa langsung melakukan pengaturan reset pabrik untuk mengatasinya.

BACA JUGA:  HP Realme Ngeblank? Ini Penyebab dan Solusinya