Cara Bayar BPJS Lewat BRImo, Semakin Mudah & Praktis

Tabloidhape.com – Berbagai jenis pembayaran yang ada saat ini sudah menemukan solusi terbaik dengan memberikan kemudahan, seperti pembayaran iurannya yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi brimo. Tentu ini sangat membantu karena terbilang cukup praktis tanpa harus mendatangi tempat tertentu.

Cara bayar BPJS lewat brimo dilakukan oleh para nasabah dari BRI dengan menggunakan m-banking dan bank BRI yang memfasilitasi nasabah, proses pembayaran ini dilakukan secara online dan hanya menggunakan smartphone.

Pembayaran iuran BPJS ini tentu wajib dilakukan oleh semua anggota ataupun peserta untuk menutupi pembayaran setiap bulannya. Jumlah yang harus dibayarkan juga berbeda-beda tergantung dengan kelas yang dipilih.

Mungkin masih kurang jelas untuk tutorialnya, sehingga perlu penjelasan mengenai seperti apa cara bayar BPJS lewat brimo. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa anda simak penjelasannya berikut ini.

Cara Bayar BPJS Mudah Hanya Lewat Brimo

Nah berikut ini langkah-langkahnya untuk proses pembayaran iuran BPJS menggunakan aplikasi brimo yang praktis dan sangat membantu.

  1. Langkah pertama anda harus memiliki aplikasi BRImo dengan mengunduhnya di aplikasi smartphone anda baik itu android maupun IOS.
  2. Jika sudah selesai terunduh anda sudah bisa melakukan proses login pada aplikasi BRImo tersebut dengan menggunakan username dan password.
  3. Nah selanjutnya pada menu utama anda mengklik “lainnya”
  4. Lalu pilih BPJS
  5. Klik “Pembayaran Baru” pada aplikasi
  6. Disini anda memilih jenis BPJS, BPJS kesehatan atau BPJS denda
  7. Selanjutnya anda hanya harus memasukkan nomor pembayaran
  8. Kode pembayaran untuk BPJS ini memiliki kode khusus yaitu 88888 kemudian ditambah dengan 11 digit nomor kartu BPJS, untuk peserta yang  terlambat membayar iuran bisa dengan cara 88881 + 11 digit nomor  BPJS kesehatan anda
  9. Setelah anda berhasil memasukkan nomornya, anda hanya perlu lanjut lalu masukkan PIN
  10. Maka proses pembayaran BPJS kesehatan anda akan segera di proses
BACA JUGA:  Cara Daftar BRImo Tanpa Ke Bank, Praktis 5 Menit Jadi

Meskipun terdapat perbedaan kode dari pembayaran yang tepat waktu dan yang terlambat, namun tetap tidak ada denda yang dikenakan, hal ini berlaku mulai tanggal 1 Juli 2016. Akan tetapi denda diberlakukan jika peserta sudah terlambat selama 45 hari.

Nilai Denda Pembayaran Iuran BPJS

Berdasarkan Perpres No. 64 Tahun 2020, nilai dari denda pelayanan dikenakan sebesar 5% terhitung dari biaya diagnosis pada awal pelayanan kesehatan rawat inap, kemudian ini dikalikan dengan jumlah dari bulan yang telah tertunggak, berikut ini ketentuannya.

  1. Jumlah maksimal dari bulan yang telah tertunda yaitu sebanyak dua belas bulan
  2. Untuk nilai denda maksimal yaitu Rp. 30.000.000
  3. Untuk peserta yang Pekerja Penerima Upah (PPU) untuk pembayaran dendanya pada pelayanan ditanggung oleh pemberi kerja

Hadirnya cara bayar BPJS lewat brimo yang didukung dengan kecanggihan teknologi ini semakin mempermudah prosesnya, tidak perlu lagi mengharuskan seseorang untuk berkunjung ke tempat tertentu dengan sengaja.

Selain itu didukung juga dengan hampir semua pekerjaan yang sudah dipengaruhi oleh smartphone sebesar 90%. Sehingga hal ini tidak menjadi pekerjaan yang rumit dan menyita waktu tersendiri.

Itulah tutorial dari cara bayar BPJS lewat brimo yang bisa anda simak caranya dengan mudah saja, hanya menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Semoga penjelasan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk membantu proses pembayaran iuran anda.