Cara Kunci Aplikasi di iPhone (Paling Lengkap)

Sobat Tekno, memiliki sebuah iPhone memang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aktivitas digital, namun keamanan perangkatmu juga harus menjadi prioritas. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan iPhone adalah dengan mengunci aplikasi-aplikasi penting dengan password atau Touch ID. Berikut ini adalah beberapa cara untuk kunci aplikasi di iPhone:

1. Gunakan Fungsi Pembatasan

Pertama, kamu bisa memanfaatkan fitur pembatasan yang telah disediakan oleh iPhone. Kamu bisa mengatur pengaturan untuk mengunci aplikasi tertentu seperti kontak, pesan, atau bahkan aplikasi sosial media. Caranya adalah dengan membuka pengaturan > Pembatasan > Aktifkan pembatasan > Atur kata sandi.

2. Cara Kunci Aplikasi di iPhone Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan fitur pembatasan bawaan iPhone, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu kamu mengunci aplikasi dengan password atau bahkan fingerprint. Beberapa aplikasi populer di antaranya adalah AppLocker, Touch ID & Passcode, dan Lockdown.

3. Cara Kunci Aplikasi di iPhone Menggunakan Face ID atau Touch ID

Jika iPhone-mu sudah dilengkapi dengan fitur Face ID atau Touch ID, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengunci aplikasi penting. Caranya adalah dengan membuka pengaturan > Face ID atau Touch ID & Passcode > Aktifkan fitur pada aplikasi yang ingin kamu kunci.

BACA JUGA:  Kelebihan Dan Kekurangan Iphone Replika Atau Supercopy

4. Gunakan Password atau Kata Sandi

Jika iPhone-mu tidak memiliki fitur Face ID atau Touch ID, kamu masih bisa mengunci aplikasi dengan password atau kata sandi. Kamu bisa mengatur pengaturan untuk mengunci aplikasi tertentu dengan password atau kata sandi. Caranya adalah dengan membuka pengaturan > Kata Sandi & Touch ID > Aktifkan fitur pada aplikasi yang ingin kamu kunci.

5. Gunakan Kombinasi Password dan Touch ID atau Face ID

Untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih baik, kamu juga bisa memadukan penggunaan password dan Touch ID atau Face ID. Caranya adalah dengan membuka pengaturan > Touch ID & Passcode > Aktifkan fitur Kombinasi Passcode.

6. Menggunakan Private Mode

Selain kunci aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan Private Mode di Safari untuk meningkatkan keamanan perangkatmu. Private Mode akan menghapus riwayat browsing dan data cache secara otomatis saat kamu keluar dari mode tersebut.

7. Atur Notifikasi Aplikasi

Selain mengunci aplikasi, kamu juga bisa mengatur notifikasi aplikasi. Dengan mengatur notifikasi aplikasi, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika ada aktivitas mencurigakan pada aplikasi yang kamu kunci.

8. Update Perangkatmu

Pastikan perangkat iPhone-mu selalu diperbarui ke versi terbaru. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan perangkatmu dari kerentanan keamanan yang dapat ditemukan pada versi sebelumnya. Dengan update, kamu juga akan mendapatkan fitur keamanan baru yang bisa membantu melindungi perangkatmu dari serangan malware atau hacking.

9. Jangan Gunakan Jaringan Wi-Fi Publik

Hindari mengakses aplikasi penting ketika menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Jaringan Wi-Fi publik cenderung tidak aman dan bisa membahayakan keamanan perangkatmu. Jika memungkinkan, selalu gunakan jaringan Wi-Fi pribadi atau paket data seluler.

10. Jangan Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal

Pastikan kamu hanya menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti App Store. Jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal karena aplikasi tersebut bisa membahayakan keamanan perangkatmu.

11. Gunakan VPN

Gunakan VPN saat kamu mengakses internet. VPN bisa membantu menyembunyikan alamat IP-mu dan mengenkripsi koneksi internetmu, sehingga kamu bisa lebih aman saat browsing dan mengakses aplikasi penting.

BACA JUGA:  inilah Spesifikasi Dan Harga Resmi Apple iPhone 6

12. Aktifkan Fitur Find My iPhone

Aktifkan fitur Find My iPhone di perangkatmu. Fitur ini akan membantu kamu melacak perangkatmu jika hilang atau dicuri. Kamu juga bisa menghapus data pada perangkatmu dari jarak jauh melalui fitur ini.

13. Gunakan Password yang Kuat

Pastikan kamu menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak. Gunakan kombinasi karakter, angka, dan simbol untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak.

14. Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication

Aktifkan fitur Two-Factor Authentication untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun Apple ID-mu. Dengan fitur ini, kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke perangkat lain saat kamu ingin login.

15. Jangan Bagikan Informasi Pribadi dengan Sembarang Orang

Jangan bagikan informasi pribadi atau password dengan sembarang orang. Pastikan kamu hanya membagikan informasi pribadi dengan orang yang dapat dipercaya.

16. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hapus aplikasi yang tidak digunakan pada perangkatmu. Aplikasi yang tidak digunakan bisa menjadi risiko keamanan karena bisa menjadi pintu masuk bagi malware atau hacking.

17. Aktifkan Fitur Automatic App Updates

Aktifkan fitur Automatic App Updates untuk memastikan aplikasi di perangkatmu selalu diperbarui ke versi terbaru. Versi terbaru biasanya memiliki perbaikan bug dan fitur keamanan baru.

18. Gunakan Antivirus

Gunakan antivirus untuk melindungi perangkatmu dari serangan malware dan hacking. Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia di App Store yang bisa membantu kamu melindungi perangkatmu.

19. Gunakan Password Manager

Gunakan password manager untuk mengelola passwordmu. Password manager akan membantu kamu membuat password yang kuat dan mengelola passwordmu secara aman. Dengan password manager, kamu juga tidak perlu mengingat banyak password yang berbeda.

20. Lakukan Backup Data Secara Teratur

Lakukan backup data secara teratur untuk memastikan data pentingmu selalu aman. Kamu bisa melakukan backup data ke iCloud atau ke perangkat lain seperti komputer.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara kunci aplikasi di iPhone untuk meningkatkan keamanan perangkatmu. Selalu pastikan kamu mengikuti tips-tips di atas agar perangkatmu tetap aman dan terlindungi dari serangan malware atau hacking.

BACA JUGA:  5 Cara Ganti Nama Hotspot iPhone Terbaru Dengan Mudah

Selalu ingat untuk memperbarui perangkatmu ke versi terbaru, mengaktifkan fitur keamanan seperti Touch ID atau Face ID, dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa lebih tenang dan nyaman saat menggunakan iPhone-mu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!