Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Hello Sobat Tekno! Saat ini, iPhone telah menjadi salah satu perangkat ponsel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Apple telah menyediakan fitur backup iPhone untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan data-data penting di perangkat tersebut. Namun, bagaimana cara melihat hasil backup iPhone di komputer? Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan tentang cara melihat hasil backup iPhone di komputer.

Step-by-Step Cara Melihat Hasil Backup iPhone di Komputer

Sebelum kita memulai, pastikan bahwa kamu sudah melakukan backup iPhone menggunakan iTunes atau iCloud. Setelah backup telah selesai, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melihat hasil backup iPhone di PC/Laptop:

1. Buka iTunes di komputer/PC/Laptop Anda.

2. Hubungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Setelah iPhone Anda terdeteksi oleh iTunes, klik ikon perangkat iPhone Anda di pojok kiri atas iTunes.

4. Pada jendela perangkat iPhone, klik tab “Ringkasan“.

5. Gulir ke bawah ke bagian “Pilihan“. Kemudian klik “Cadangkan Sekarang” untuk melakukan backup terbaru jika belum dilakukan.

6. Pilih “Restore Backup” untuk memulai proses pengembalian dari cadangan yang tersedia atau menampilkan daftar backup yang tersedia.

7. Pilih backup yang ingin kamu lihat detailnya dengan melihat tanggal dan waktu.

8. Setelah kamu memilih backup yang tepat, klik “View Backup” untuk melihat detail backup.

9. Pilih file backup yang ingin kamu lihat dan klik “Extract” untuk mengekstrak file backup tersebut ke dalam format yang dapat dibaca.

Cara Alternatif

Selain menggunakan iTunes, kamu juga dapat melihat hasil backup iPhone dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iBackup Viewer dan PhoneRescue. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara melihat hasil backup iPhone menggunakan aplikasi tersebut.

iBackup Viewer

iBackup Viewer adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk melihat hasil backup iPhone di laptop. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat isi file backup, mengakses dan mengelola file media, pesan teks, dan banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat hasil backup iPhone menggunakan iBackup Viewer:

  • Pertama, unduh dan instal iBackup Viewer di laptop kamu.
  • Selanjutnya, buka iBackup Viewer dan pilih file backup yang ingin kamu lihat.
  • Setelah file backup terbuka, kamu dapat melihat isi backup dengan memilih kategori file di sebelah kiri jendela aplikasi.
  • Misalnya, jika kamu ingin melihat file media, klik kategori “Media” dan pilih file yang ingin kamu lihat.
  • Kamu juga dapat melihat pesan teks, panggilan, catatan, dan banyak lagi dengan mengklik kategori yang sesuai di jendela aplikasi.
BACA JUGA:  Compare Handphone : iPhone 6 Plus Vs Samsung Galaxy Note Edge

PhoneRescue

PhoneRescue adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat kamu gunakan untuk melihat hasil backup iPhone di laptop. Aplikasi ini memiliki fitur pemulihan data dan memungkinkan kamu untuk melihat isi file backup. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat hasil backup iPhone menggunakan PhoneRescue:

  • Pertama, unduh dan instal PhoneRescue di laptop kamu.
  • Selanjutnya, buka PhoneRescue dan pilih opsi “Recover from iTunes Backup“.
  • Pilih file backup yang ingin kamu lihat dan klik “Next“.
  • PhoneRescue akan memindai backup dan menampilkan hasil pemindaian dalam beberapa kategori seperti “Photos”, “Messages“, “Contacts“, dan banyak lagi.
  • Pilih kategori yang ingin kamu lihat dan pilih file yang ingin kamu lihat.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iBackup Viewer dan PhoneRescue, kamu dapat dengan mudah melihat isi backup iPhone di laptop kamu. Kamu juga dapat mengelola data backup dengan lebih mudah dan cepat menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi.

Kesimpulan

Itulah panduan tentang cara melihat hasil backup iPhone di komputer. Kamu dapat menggunakan iTunes atau software pihak ketiga seperti iBackup Viewer untuk melihat hasil backup iPhone. Pastikan bahwa kamu selalu melakukan backup secara rutin untuk menghindari kehilangan data penting di iPhone.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah dalam melihat hasil backup iPhone, jangan ragu untuk bertanya pada ahli IT yang terpercaya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.