Cara Membayar UTBK Lewat Brimo, Mudah & Cepat

Tabloidhape.com – Mahasiswa baru pengguna aplikasi BRIMO masih banyak yang belum tahu cara membayar UTBK lewat BRImo, padahal cara ini bisa mempermudah dan mempersingkat saat melakukan pembayaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

BRImo sendiri merupakan suatu aplikasi dari Bank BRI yang memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi. Di mana, di dalamnya Anda tidak hanya bisa melakukan transfer antar bank saja, tetapi juga berbagai transaksi lain seperti transaksi ke dompet digital.

Menariknya, Brimo juga bisa dipakai untuk membayar UTBK. Biasanya, setelah melakukan pendaftaran, maka peserta wajib untuk membayarkan biaya pendaftaran UTBK tersebut dengan kelompok ujian yang sudah dipilih.

Cara membayar utbk lewat brimo cukuplah mudah, tapi Anda harus mengetahui dulu berapa besar uang yang harus dikeluarkan. Untuk peserta yang memulih kelompok ujian Soshum atau Saintek, maka dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000.

Sementara itu, untuk peserta yang memilih kelompok ujian campuran, maka wajib melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp. 300.000. Selain melalui Brimo, ada 3 bank mitra LTMPT lainnya, seperti Mandiri, BTN, dan BNI.

Cara Melakukan Pembayaran UTBK Lewat Brimo

Melalui layanan brimo, Anda bisa melakukan pembayaran UTBK kapan saja dan di mana saja. Adapun cara untuk melakukan pembayarannya adalah sebagai berikut.

  • Membuka Aplikasi dan Login

Cara membayar utbk lewat brimo yang pertama adalah dengan membuka aplikasi brimo terlebih dahulu. Setelah itu, bisa langsung melakukan login pada akun yang sudah dimiliki. Di sini, Anda hanya perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi saja.

  • Memilih Menu Lainnya dan LTMPT

Cara Membayar UTBK Lewat Brimo

Selanjutnya, ketika sudah masuk ke akun brimo, akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Beberapa menu tersebut yang akan membantu Anda dalam memproses pembayaran UTBK. Nantinya, cukup memilih menu lainnya.

BACA JUGA:  Cara Transfer Lewat Brimo Paling Mudah

Cara Membayar UTBK Lewat Brimo

Nah, pada menu lainnya inilah terdapat pilihan LTMPT. Cukup mengklik menu tersebut untuk bisa melanjutkan proses pembayaran. Caranya sendiri memang sangat mudah dan bisa dipraktikkan langsung.

  • Mengisikan Kode Bayar dan NISN yang Dimiliki

Cara Membayar UTBK Lewat Brimo

 

Kemudian, cara membayar utbk yang selanjutnya adalah dengan mengisikan kode bayar yang hanya ada 8 digit saja. Selain itu, Anda juga perlu memasukkan NISN yang biasanya hanya ada 10 angka saja. Nantinya, ketika kode bayar dan NISN dimasukkan, maka akan ditampilkan data pembayaran.

  • Memasukkan PIN

Jika sudah melakukan semuanya, maka untuk melanjutkan transaksi harus menasukkan PIN seperti biasa. Jika PIN sudah dimasukkan, maka bukti transaksi akan terbit langsung. Proses pembayaran biaya pendaftaran pun selesai dilakukan.

  • Menyimpan Bukti Transaksi dan Melanjutkan Pada Portal LTMPT

Terakhir, Anda perlu menyimpan bukti transaksi untuk nantinya digunakan pada portal LTMPT. Bukti ini harus ada karena akan dimasukkan dan dibutuhkan.

Brimo memang aplikasi yang sangat berguna untuk berbagai hal. Cara membayar utbk lewat brimo sangatlah mudah dan memang bisa dilakukan secara cepat. Hal yang perlu diingat adalah harus teliti dalam memasukkan kode bayar dan NISN.

Proses pembayaran UTBK melalui brimo menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh semua peserta. Di mana memang dianggap lebih mudah dan cepat. Sehingga, menjadi solusi yang tepat.

Demikianlah cara membayar utbk lewat brimo yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Cara membayar ini merupakan solusi yang tepat untuk bagi semua peserta yang memang tidak akan membutuhkan banyak waktu. Cukup melakukan langkah-langkah di atas, maka semuanya akan selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil.