5 Cara Mengatasi HP Realme Mati Total (100% Work)

5 Cara Mengatasi HP Realme Mati Total (100% Work)

Tabloidhape.com – Jika Anda pengguna HP Realme dan menghadapi masalah di mana perangkat Anda mati total dan tidak merespons, tentu saja hal ini bisa sangat membingungkan dan mengganggu. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara mengatasi HP Realme mati total.

Cara Mengatasi HP Realme Mati Total

1. Cek Baterai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa baterai HP Realme Anda. Sambungkan perangkat ke charger atau sumber daya lainnya dan biarkan beberapa saat. Pastikan pengisi daya berfungsi dengan baik dan kabel pengisi daya terhubung dengan sempurna. Jika ada masalah dengan baterai atau pengisi daya, gantilah dengan yang baru.

2. Soft Reset

Jika langkah pertama tidak berhasil, coba lakukan soft reset pada HP Realme Anda. Tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun selama beberapa detik. Hal ini akan memaksa perangkat untuk merespons dan dapat membantu mengatasi masalah saat HP mati total. Jika HP Anda memiliki tombol fisik lainnya, seperti tombol home, Anda dapat mencoba mengombinasikan dengan tombol daya untuk melakukan soft reset.

3. Hard Reset

Jika soft reset tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan hard reset. Hard reset akan menghapus semua data dan pengaturan di HP Realme Anda, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.

Untuk melakukan hard reset, tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume naik atau tombol volume turun selama beberapa detik. Di layar akan muncul opsi reset. Navigasikan menggunakan tombol volume dan konfirmasikan dengan tombol daya.

4. Mode Pengisian Daya

Cobalah mengisi daya HP Realme Anda di mode pengisian daya. Sambungkan perangkat ke charger dan biarkan beberapa saat. Jika perangkat menunjukkan tanda-tanda pengisian daya, biarkan mengisi daya selama beberapa waktu sebelum mencoba menghidupkannya. Mode pengisian daya dapat membantu mengatasi masalah jika terjadi gangguan perangkat lunak yang menyebabkan mati total.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi HP Android Murah dan Bagus

5. Kunjungi Layanan Pusat

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi layanan pusat resmi Realme. Mereka memiliki tenaga ahli yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Pastikan Anda membawa semua dokumen dan bukti pembelian yang diperlukan agar mereka dapat membantu Anda dengan lebih baik.

Mengatasi HP Realme yang mati total bisa menjadi tantangan, tetapi dengan panduan ini, Anda memiliki langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mencoba memulihkannya. Mulailah dengan memeriksa baterai dan menghubungkannya ke sumber daya, lakukan soft reset atau hard reset jika diperlukan, dan coba mode pengisian

Cara Soft Reset HP Realme yang Mati Total

Jika HP Realme Anda mengalami mati total dan tidak merespons, Anda dapat mencoba melakukan soft reset untuk mencoba menghidupkannya kembali. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan soft reset pada HP Realme:

  1. Tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun. Tahan kedua tombol ini selama sekitar 10 hingga 15 detik.
  2. Perhatikan apakah tanda-tanda kehidupan muncul pada layar HP Anda, seperti logo Realme atau lampu LED yang menyala.
  3. Jika logo Realme muncul atau ada tanda-tanda perangkat menyala, lepaskan tombol yang Anda tahan.
  4. Biarkan perangkat booting sepenuhnya dan tunggu beberapa saat. Mungkin dibutuhkan waktu beberapa menit sebelum HP Realme Anda sepenuhnya menyala.
  5. Setelah HP Anda menyala, coba periksa apakah semuanya berfungsi dengan normal.

Jika HP Realme Anda masih mati total setelah melakukan soft reset, Anda dapat mencoba langkah-langkah selanjutnya yaitu melakukan hard reset. Namun, perlu diingat bahwa melakukan hard reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada perangkat Anda, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melakukannya.

Cara Hard Reset HP Realme yang Mati Total

Jika HP Realme Anda mengalami mati total dan tidak merespons, Anda dapat mencoba melakukan hard reset untuk mencoba menghidupkannya kembali. Harap diperhatikan bahwa melakukan hard reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada perangkat Anda, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan hard reset pada HP Realme:

  1. Matikan HP Realme Anda dengan menekan dan menahan tombol daya hingga muncul opsi untuk mematikannya.
  2. Setelah HP mati, tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume naik atau tombol volume turun.
  3. Tahan kedua tombol tersebut hingga muncul logo Realme atau tulisan “Recovery Mode” di layar. Setelah itu, lepaskan kedua tombol.\
  4. Anda akan melihat menu pemulihan (recovery mode) di layar HP Realme Anda.
  5. Navigasikan menu pemulihan menggunakan tombol volume untuk memilih opsi, dan gunakan tombol daya untuk mengonfirmasinya.
  6. Pilih opsi “Wipe data” atau “Factory reset” untuk melakukan hard reset pada HP Realme Anda.
  7. Konfirmasikan pilihan Anda dan tunggu proses reset selesai. Ini dapat memakan waktu beberapa menit.
  8. Setelah reset selesai, Anda akan kembali ke menu pemulihan. Pilih opsi “Reboot system now” untuk me-reboot HP Realme Anda.
  9. Perangkat Anda akan memulai ulang dan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Anda menggunakannya.
BACA JUGA:  Cara Menghemat Kuota Data Handphone Android

Setelah melakukan hard reset, HP Realme Anda seharusnya kembali hidup dan dapat digunakan. Namun, perlu diingat bahwa semua data yang ada pada perangkat akan dihapus. Pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukan hard reset.

Jika masalah tetap berlanjut setelah melakukan hard reset, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Realme atau mengunjungi layanan pusat resmi Realme untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengatasi HP Realme yang mengalami mati total dan tidak merespons. Kami menyajikan panduan langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencoba menghidupkan kembali perangkat Anda. Mulai dari pemeriksaan baterai, soft reset, hingga hard reset, kami memberikan solusi yang mungkin membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa setiap masalah HP Realme yang mati total dapat memiliki penyebab yang berbeda-beda. Jika langkah-langkah yang kami berikan tidak berhasil atau masalah tetap persisten, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Realme atau mengunjungi layanan pusat resmi Realme untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka memiliki tenaga ahli yang dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalah dengan lebih akurat.

Selain itu, penting juga untuk selalu mencadangkan data penting Anda secara teratur. Dalam proses reset, semua data pada perangkat akan dihapus. Dengan memiliki cadangan data yang baik, Anda dapat menghindari kehilangan informasi yang berharga.

Kami berharap panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi masalah HP Realme yang mati total. Ingatlah untuk selalu memeriksa pengaturan dan perawatan perangkat Anda secara teratur agar dapat menjaga kinerja dan keandalannya.