Cara Mengatasi Partisi Hard Disk Tidak Terbaca di Windows 10

Tabloidhape.com – Cara Mengatasi Partisi Hard Disk Tidak Terbaca di Windows 10 adalah sebagai solusi ketika windows 10 mengalami kegagalan saat mengenali drive sehingga kami tidak bisa melakukan booting ke sistem operasi. Masalah ini terjadi karena beberapa alasan seperti hard disk drive yang rusak, file sistem yang rusak, masalah driver, dll.

Di sini, di artikel ini, kami akan membagikan tutorial Windows lain yakni Cara Mengatasi Partisi Hard Disk yang Tidak Terbaca di Windows 10. Masalah biasanya terjadi setelah menginstal versi baru Windows 10. Setelah peningkatan otomatis dari Windows 7 ke Windows 10, partisi hard disk tidak bisa dibuka dan menghilang dari File Explorer dan menampilkan ‘tidak terisi’ di Disk Management Utility.

Apa Itu Partisi Hard Disk / Hard Disk Partition?

Partisi adalah bagian dari perangkat penyimpanan , seperti hard disk drive atau solid state drive . Itu diperlakukan oleh sistem operasi sebagai volume logis terpisah , yang membuatnya berfungsi mirip dengan perangkat fisik yang terpisah.

Perangkat penyimpanan dapat diformat dengan satu atau lebih partisi. Beberapa sistem operasi , seperti Windows dan Linux memerlukan banyak partisi, sementara yang lain seperti macOS mungkin hanya memerlukan satu partisi. Windows menyimpan file sistem dalam “Partisi Sistem” dan file data pengguna di partisi data.

Beberapa drive Windows mungkin juga menyertakan “Partisi Pemulihan,” yang menyimpan file yang digunakan oleh Windows Recovery Environment (WinRE). Partisi ini digunakan untuk memperbaiki masalah yang mencegah sistem operasi melakukan booting.

Nah, kali ini kita akan membahas bersama sama Cara Mengatasi Partisi Hard Disk yang Tidak Terbaca atau masalah partisi hard disk tidak bisa dibuka di Windows 10.

Cara Mengatasi Partisi Hard Disk yang Tidak Terbaca

Jadi, di sini, di artikel ini, kami akan membagikan dua Cara Mengatasi Partisi Hard Disk yang Tidak Terbaca atau masalah partisi hard disk tidak bisa dibuka di Windows 10.

1. Menggunakan Disk Management Utility

Cara pertama untuk mengatasi partisi hard disk tidak bisa dibuka adalah dengan menggunakan Disk Management Utility. Sistem operasi Windows tidak akan mengenali perangkat yang terhubung dengan ‘Unallocated Space’. Jadi, pastikan untuk memeriksa apakah disk drive Anda memiliki partisi atau tidak.

Jika menampilkan ‘Unallocated Space’ , maka Anda perlu membuat volume untuk memperbaiki pesan kesalahan Disk Partition Not Recognized in Windows 10. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  • Pertama-tama, buka menu pencarian dan ketik diskmgmt.msc . Sekarang buka Manajemen Disk dari daftar.
  • Sekarang periksa apakah drive yang terhubung menampilkan ‘Unallocated Space’ atau tidak. Jika itu menunjukkan ‘Unallocated Space’, klik kanan pada drive dan pilih ‘New Simple Volume
  • Sekarang Anda akan melihat New Simple Volume Wizard. Klik ‘Next’.
  • Pada langkah selanjutnya, Anda perlu menentukan ukuran volume dan kemudian klik ‘Next’.
  • Sekarang, tetapkan huruf drive ke volume baru dan klik ‘Next
  • Sekarang Anda akan diminta untuk memformat volume yang baru dibuat. Pilih ‘NTFS’ di bawah sistem file dan klik ‘Next’.
  • Sekarang, tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah selesai, klik ‘Selesai’.

Selesai! Itulah adalah Cara Mengatasi Partisi Hardisk yang Tidak Terbaca di Windows 10 yang pertama.

2. Menggunakan EaseUS Partition Master

EaseUS Partition Master sebagian besar digunakan untuk memperbaiki partisi hard disk tidak bisa dibuka di Windows 10. Inilah cara Anda dapat menggunakan EaseUS Partition Master di Windows.

  • Pertama-tama, unduh & instal EaseUS Partition Master di komputer Windows 10 Anda. Sekarang luncurkan alat dan Anda perlu mengklik opsi ‘Partition Recovery’.
  • Pada langkah berikutnya, Anda perlu memilih Hard Drive atau SSD tempat Anda ingin memulihkan Partisi . Cukup pilih disk dan kemudian klik tombol ‘Scan’.
  • Sekarang Anda akan diminta untuk memilih antara ‘Quick Scan’ dan ‘Deep Scan’ . Jika Anda ingin memulihkan partisi yang terakhir dihapus secepat mungkin, maka Anda perlu memilih opsi ‘Quick Scan’ .
  • Tunggu hingga alat memindai partisi yang dihapus. Setelah selesai, itu akan mencantumkan semua partisi yang dihapus. Cukup pilih partisi yang hilang dan kemudian klik ‘Recover Now‘.
  • Sekarang di jendela berikutnya, klik ‘Execute Operation’ dan kemudian klik ‘Apply’ untuk memulihkan partisi yang hilang.

Berikut adalah 2 Cara Mengatasi Partisi Hard Disk yang Tidak Terbaca atau partisi hard disk tidak bisa dibuka di Windows 10. Hal itu juga akan menyelesaikan kesalahan Partition Not Recognized pada komputer Windows 10. Saya harap artikel ini membantu mengatasi masalah anda. Terimakasih, semoga berhasil.