Cara Mengecek iCloud Paling Mudah Untuk Pemula

Tabloidhape.com – Bagi user Apple, penting untuk mengetahui cara mengecek iCloud. Khususnya yang merasa membeli perangkat iPhone bekas, karena yang perlu diperhatikan bukan fisiknya saja. Melainkan status iCloud-nya itu masih aktif atau telah ter-log out.

Pasalnya, apabila kondisinya masih aktif artinya pengguna sebelumnya sedang mengaktifkan fitur Find My iPhone. Nantinya, kemungkinan besar iPhone akan terkunci ketika dilakukan factory reset. Lalu bagaimana cek status iCloud iPhone? Cek hanya di sini

Apa Itu iCloud?

Sebelumnya bisa jadi masih ada yang belum tahu apa itu iCloud, terutama pengguna baru iPhone. Saat Anda mengatur iPhone pertama kalinya, biasanya perangkat akan meminta user untuk membuat Apple id.

Nantinya, Apple id ini bisa digunakan untuk mengakses layanan iPhone mulai dari pembelian aplikasi, podcast, music, sampai akses iCloud. iCloud dapat dikatakan sebagai penyimpan data iPhone sekaligus pengamanan. Maka, cara mengecek iCloud harus Anda ketahui.

Apa Akibatnya Jika iPhone Terkunci iCloud?

Anda pun perlu tahu apabila iPhone telah terkunci iCloud akibatnya tidak akan bisa digunakan sama sekali. Pasalnya, perangkat akan terus menerus meminta user memasukkan Apple id sebagai langkah verifikasi kepemilikan iPhone tersebut.

Pada umumnya, iPhone dengan kondisi semacam ini adalah milik orang lain. Mungkin secara tidak sengaja ditemukan atau bisa juga hasil curian. Pasalnya, pengguna yang asli melakukan proses penguncian iPhone dengan iCloud meskipun dari jarak jauh.

Cara Cek Status iCloud

Lalu bagaimana jika Anda membeli iPhone bekas? Penting bagi Anda untuk cek status iCloud terlebih dahulu supaya lebih aman. Jangan khawatir, karena cara mengecek iCloud sebenarnya sangat mudah, berikut penjelasan selengkapnya:

Via Situs imei24.com

Cara pertama adalah melalui situs imei24.com. Untuk cara ini yang perlu dilakukan adalah memasukkan nomor IMEI perangkat iPhone itu sendiri. Untuk tahap-tahapnya silahkan perhatikan saja penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  • Buka situs imei25.com yang di dalamnya sudah tersedia fitur untuk mengecek iCloud Activation Lock pakai nomor imei
  • Setelah terbuka, segera masukkan nomor imei pada kolom tersedia
  • Tekan tombol “check
  • Nantinya akan muncul informasi tentang iPhone yang nomor imei-nya sudah Anda masukkan tadi mulai dari serial number, status Find My iPhone, status iCloud, apakah perangkat Ana refurbish atau tidak, garansi dan masih banyak lagi
BACA JUGA:  Cara Backup Data iPhone ke iCloud (Paling Lengkap)

Penting untuk diketahui saat membeli iPhone bekas adalah status “Find My iPhone” serta iCloud-nya. Apabila status Find My Iphone adalah off dan status iCloud clean, artinya iPhone masih aman digunakan.

Namun, jika status keduanya justru sebaliknya ada baiknya Anda minta di penjual menonaktifkan dulu iCloud dan Find My iPhone-nya. Pasalnya, semua ini demi keamanan Anda sendiri. Bisa saja suatu hari nanti iPhone ke-lock karena iCloud masih tersangkut. Sebelumnya, Anda gunakan dulu cara mengecek iCloud di atas.

Via Menu Support iPhone

Kurang nyaman mengecek status iCloud via situs secara online? Masih ada alternatif cara lain yang bisa digunakan yaitu melalui menu support iPhone. Menu ini tersedia di halaman Apple support dan untuk langkahnya silahkan perhatikan penjelasannya di bawah ini:

  • Akses menu support iPhone yang bisa Anda temukan melalui halaman Apple Support
  • Pilih menu “repairs & physical damage
  • Nanti akan muncul beberapa jenis kerusakan yang terjadi, Anda pilih saja salah satu misalnya Display is Cracked
  • Pilih opsi “send in for repair
  • Selanjutnya akan ada semacam instruksi untuk Anda memasukkan imei atau serial number, untuk langkah ini silahkan ikuti sama seperti biasa
  • Sampai disini sebenarnya prosesnya hampir mirip dengan cara sebelumnya yaitu Anda disuruh untuk memasukkan imei atau serial number iPhone
  • Apabila ternyata iCloud Activation Lock masih aktif, maka pasti muncul pesan “sorry, but we cant create a repair while Find My iPhone is activated. You’ll need to turn off Find My iPhone and retry this serial number
  • Artinya, iCloud pun masih aktif
  • Namun, jika pesan diatas tidak ditemukan, maka iCloud besar kemungkinan sudah mati

Melalui Menu Setting

Cara lain untuk mengecek iCloud adalah via menu setting. Kalau menggunakan cara yang ini Anda tidak perlu memasukkan imei seperti cara sebelumnya. Jika ingin mencobanya, silahkan perhatikan langkah lebih detailnya di bawah ini:

  • Akses menu “setting” yang ada pada iPhone
  • Tab atau klik nama Anda pada bagian banner paling atas
  • Langkah berikutnya klik iCloud
  • Anda dapat menggunakan tombol yang ada di sebelah aplikasi dan data untuk melakukan sinkronisasi atau membatalkan iCloud
  • Selanjutnya scroll ke bagian bawah, lalu klik “iCloud backup”, secara otomatis perangkat berbasis Ios milik Anda bisa mencadangkan cloud sendiri
  • Jika sudah selesai, tinggal gulir ke bagian bawah lagi untuk melakukan sinkronisasi aplikasi pihak ketiga dalam layanan iCloud
BACA JUGA:  5 Cara Menghapus Data iCloud di iPhone

Itu dia tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengecek iCloud. Anda bisa menggunakan salah satunya, walaupun semua metode dipastikan mudah. Semoga bisa menambah wawasan pembaca sekalian.