5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp yang Tidak Bisa Dihapus

5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp yang Tidak Bisa Dihapus

Tabloidhape.com – Setiap smartphone atau tablet baru pasti memiliki sejumlah aplikasi bawaan yang telah diinstal oleh produsen meskipun terkadang aplikasi tersebut tidak berguna dan memberatkan kerja hp kita. Berikut ini adalah tips cara menghapus aplikasi bawaan dengan mudah untuk semua jenis HP.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp (Untuk Semua HP)

1. Evaluasi aplikasi yang ingin Anda hapus

Pertama-tama, buka daftar aplikasi yang ada di perangkat Anda dan periksa dengan cermat aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus. Tinjau apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak berguna bagi Anda atau apakah Anda mungkin memerlukan aplikasi tersebut di masa mendatang. Penting untuk tidak menghapus aplikasi yang mempengaruhi fungsi inti perangkat atau menyebabkan masalah yang tidak diinginkan.

2. Perhatikan aplikasi sistem yang tidak bisa dihapus

Beberapa perangkat memiliki aplikasi bawaan yang tergabung dengan sistem operasi dan tidak dapat dihapus sepenuhnya. Hal ini biasanya mencakup aplikasi seperti “Pengaturan”, “Kontak”, atau “Telepon”. Dalam hal ini, Anda mungkin hanya dapat menonaktifkan aplikasi tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja perangkat.

3. Nonaktifkan aplikasi bawaan yang bisa dinonaktifkan

Beberapa aplikasi bawaan dapat dinonaktifkan meskipun tidak dapat dihapus sepenuhnya. Langkah ini akan menyembunyikan aplikasi dari tampilan utama dan mencegahnya berjalan secara aktif di latar belakang.

Untuk melakukannya, masuk ke pengaturan perangkat Anda, cari menu “Aplikasi” atau “Aplikasi & Pemberitahuan”, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, dan ketuk opsi “Nonaktifkan”. Ini membantu membebaskan ruang penyimpanan tetapi tidak menghapus sepenuhnya aplikasi tersebut.

4. Hapus aplikasi bawaan yang dapat dihapus

Setelah Anda memastikan bahwa Anda dapat menghapus aplikasi bawaan tanpa mengganggu fungsi perangkat, ikuti langkah-langkah ini untuk menghapusnya:

  • Masuk ke pengaturan perangkat Anda dan cari menu “Aplikasi” atau “Aplikasi & Pemberitahuan”.
  • Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus dari daftar yang muncul.
  • Di halaman aplikasi tersebut, Anda akan melihat opsi “Hapus” atau “Uninstall”. Ketuk opsi tersebut.
  • Perangkat Anda mungkin akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi. Jika demikian, tekan “OK” atau “Hapus” untuk melanjutkan proses.
  • Tunggu beberapa saat hingga perangkat menyelesaikan proses penghapusan.
  • Restart perangkat Anda
BACA JUGA:  Cara Mengganti Font Handphone Android Tanpa Root

Setelah Anda menghapus aplikasi bawaan, disarankan untuk merestart perangkat Anda. Hal ini membantu memperbarui pengaturan dan mengoptimalkan kinerja perangkat setelah perubahan yang dilakukan.

5. Periksa kembali perangkat Anda

Setelah merestart perangkat, periksa kembali daftar aplikasi Anda untuk memastikan bahwa aplikasi bawaan yang Anda hapus sudah tidak ada lagi. Pastikan juga tidak ada perubahan yang signifikan dalam fungsi atau kinerja perangkat setelah menghapus aplikasi tersebut.

Melalui langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak diperlukan, membebaskan ruang penyimpanan, dan mungkin meningkatkan kinerja perangkat Anda. Namun, ingatlah bahwa menghapus aplikasi bawaan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Pastikan untuk membaca panduan pengguna yang disediakan oleh produsen atau mencari informasi yang relevan sesuai dengan perangkat Anda.

Terakhir, selalu berhati-hati saat menghapus aplikasi bawaan dan pastikan Anda memahami konsekuensinya. Jika Anda merasa ragu atau tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus diambil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokumen resmi atau mendapatkan bantuan dari layanan pelanggan produsen perangkat Anda.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda dapat mengelola aplikasi bawaan dengan lebih efektif dan memaksimalkan pengalaman pengguna pada perangkat Anda. Selamat mencoba!

Penyebab Aplikasi Bawaan Tidak Bisa Dihapus

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi bawaan pada perangkat tidak dapat dihapus sepenuhnya. Beberapa alasan umumnya adalah:

1. Integritas Sistem Operasi

Beberapa aplikasi bawaan yang terpasang pada perangkat terhubung erat dengan sistem operasi dan berfungsi sebagai komponen penting. Menghapus aplikasi tersebut dapat mempengaruhi stabilitas dan kinerja perangkat, serta fungsi inti seperti pengaturan sistem, telepon, atau pesan.

2. Ketergantungan Aplikasi Lain

Beberapa aplikasi bawaan mungkin menjadi dependensi bagi aplikasi lain yang terpasang pada perangkat. Jika aplikasi bawaan dihapus, itu dapat mengakibatkan ketidakstabilan atau kerja tidak normal pada aplikasi yang bergantung padanya.

3. Kontrak dengan Produsen atau Operator

Dalam beberapa kasus, produsen perangkat atau operator telekomunikasi memiliki kesepakatan dengan pengembang aplikasi bawaan untuk memasang aplikasi tersebut di perangkat mereka. Kesepakatan semacam itu bisa melibatkan pembiayaan atau promosi aplikasi tertentu. Oleh karena itu, aplikasi bawaan mungkin ada karena perjanjian bisnis, dan pengguna tidak diberikan opsi untuk menghapusnya.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa di Cas (100% Work)

4. Perlindungan Kemanan atau Privasi

Beberapa aplikasi bawaan, terutama aplikasi keamanan atau pengawasan yang disediakan oleh produsen, mungkin dimaksudkan untuk melindungi perangkat dan data pengguna. Pemilihan untuk tidak menghapus aplikasi tersebut didasarkan pada kepentingan keamanan atau privasi yang dianggap penting oleh produsen.

5. Pembaruan Sistem Operasi

Kadang-kadang, saat Anda melakukan pembaruan sistem operasi perangkat Anda, aplikasi bawaan yang sebelumnya dinonaktifkan atau dihapus dapat kembali terpasang sebagai bagian dari pembaruan tersebut. Ini adalah praktik umum dalam pembaruan sistem operasi untuk mengembalikan perangkat ke konfigurasi standar yang direkomendasikan oleh produsen.

Penting untuk diingat bahwa setiap produsen perangkat memiliki kebijakan yang berbeda terkait aplikasi bawaan, dan alasan di atas mungkin hanya beberapa contoh umum. Jika Anda merasa perlu menghapus aplikasi bawaan, disarankan untuk merujuk ke panduan pengguna perangkat Anda atau menghubungi dukungan pelanggan produsen untuk informasi yang lebih spesifik terkait perangkat Anda.