Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi Terbaru

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi Terbaru

Tabloidhape.com – Memiliki tanda headset yang terus muncul di layar HP Xiaomi Anda dapat sangat menjengkelkan. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi Anda.

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

1. Bersihkan Jack Audio

Ketika jack audio pada HP Xiaomi Anda kotor atau berdebu, maka HP akan mengira bahwa headphone masih terhubung meskipun tidak ada headphone yang terhubung. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan jack audio HP Anda dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau kain bersih yang lembab. Pastikan untuk tidak memasukkan benda ke dalam lubang jack audio.

2. Coba Reboot HP Anda

Cara lain untuk menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi Anda adalah dengan merestart HP Anda. Caranya cukup mudah, tahan tombol power pada HP Anda selama beberapa detik hingga muncul menu shutdown atau restart. Setelah HP Anda mati, hidupkan kembali dan cek apakah tanda headset masih muncul.

3. Gunakan Aplikasi SoundAbout

Anda juga dapat mengunduh aplikasi SoundAbout dari Google Play Store untuk mengatasi masalah tanda headset pada HP Xiaomi Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana suara diproduksi pada HP Anda, termasuk mengatur output audio ke speaker HP ketika headphone tidak terhubung.

4. Gunakan Mode Headphone Diagnostics

Xiaomi memiliki fitur Headphone Diagnostics yang dapat membantu mengatasi masalah tanda headset di HP Xiaomi Anda. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Pembaruan pada HP Xiaomi Anda, lalu ketuk opsi “tiga titik” di sudut kanan atas. Pilih opsi “Periksa Perangkat” dan pilih “Headphone & Audio Effect Diagnostics”. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan pengujian.

5. Gunakan Headphone Lain

Cobalah untuk menghubungkan headphone atau earphone yang berbeda ke jack audio pada HP Xiaomi Anda. Kadang-kadang masalah tanda headset dapat disebabkan oleh headphone atau earphone yang rusak atau tidak kompatibel dengan HP Anda. Jika tanda headset hilang saat menggunakan headphone atau earphone yang berbeda, maka kemungkinan besar masalah terletak pada headphone atau earphone yang digunakan sebelumnya.

BACA JUGA:  Layar HP Xiaomi Bergerak Sendiri? Begini Cara Memperbaikinya

6. Hapus Cache dan Data Aplikasi Audio

Buka Pengaturan di HP Xiaomi Anda, lalu pilih Aplikasi. Cari aplikasi audio seperti Google Play Music atau Spotify, lalu ketuk dan pilih opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Ini akan menghapus semua pengaturan dan cache aplikasi audio, dan kemungkinan besar dapat membantu menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi Anda.

7. Cek Pengaturan Audio

Pastikan pengaturan audio pada HP Xiaomi Anda telah diatur dengan benar. Buka Pengaturan, lalu pilih Suara & Vibrasi. Periksa apakah pengaturan “Mode Suara” diatur ke “Mode Normal” dan pengaturan “Output Suara” diatur ke “Speaker”. Jika pengaturan ini tidak benar, ubah pengaturan tersebut dan cek apakah tanda headset masih muncul.

8. Gunakan Fitur Factory Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil, cobalah untuk melakukan factory reset pada HP Xiaomi Anda. Namun, sebelum melakukan ini, pastikan untuk membuat cadangan semua data penting Anda karena factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan dari HP. Setelah factory reset selesai, cek apakah tanda headset masih muncul.

Cara Factory Reset HP Xiaomi

Jika Anda ingin melakukan factory reset pada HP Xiaomi Anda untuk menghapus semua data dan pengaturan, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan:

Cadangkan data penting AndaSebelum melakukan factory reset, pastikan untuk membuat cadangan semua data penting Anda seperti foto, video, dokumen, dan lainnya. Anda dapat memindahkan data tersebut ke komputer atau ke penyimpanan awan seperti Google Drive atau Dropbox.

  • Buka Pengaturan. Buka menu Pengaturan pada HP Xiaomi Anda.
  • Pilih opsi Sistem. Di menu Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Sistem”.
  • Pilih opsi Reset. Di menu Sistem, pilih opsi “Reset”.
  • Pilih opsi Factory reset. Pilih opsi “Factory reset” atau “Pabrik” untuk melakukan reset pabrik pada HP Xiaomi Anda.
  • Konfirmasi factory reset. Setelah memilih opsi factory reset, sistem akan meminta konfirmasi untuk melakukan reset pabrik. Pastikan untuk membaca dan memahami konsekuensi dari factory reset sebelum menekan tombol “Reset phone” atau “Reset device”.
  • Tunggu hingga reset selesai. Setelah menekan tombol “Reset phone” atau “Reset device”, sistem akan memulai proses reset pabrik pada HP Xiaomi Anda. Tunggu hingga proses selesai dan HP akan kembali ke pengaturan awal.
  • Konfigurasi HP Anda. Setelah factory reset selesai, Anda harus mengatur ulang HP Xiaomi Anda seperti saat pertama kali membelinya. Anda harus memilih bahasa, menghubungkan ke Wi-Fi, memasukkan akun Google, dan mengatur opsi pengaturan lainnya.
BACA JUGA:  15 HP Android RAM 1GB Termurah Harga Dibawah 1 Juta

Dengan melakukan factory reset, semua data dan pengaturan pada HP Xiaomi Anda akan terhapus dan HP akan kembali ke pengaturan awal. Pastikan untuk melakukan cadangan data penting Anda sebelum melakukan factory reset untuk menghindari kehilangan data yang tidak bisa diganti kembali.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas cara menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi yang sering mengganggu pengguna. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain dengan membersihkan jack audio, melakukan restart, menggunakan kode USSD, dan melakukan reset aplikasi audio.

Selain cara-cara tersebut, ada beberapa cara tambahan yang dapat dicoba seperti menggunakan headphone yang berbeda, menghapus cache dan data aplikasi audio, memeriksa pengaturan audio, dan melakukan factory reset. Namun, perlu diingat bahwa factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan pada HP Xiaomi Anda, sehingga sebaiknya melakukan cadangan terlebih dahulu.

Jika semua cara di atas tidak berhasil menghilangkan tanda headset di HP Xiaomi Anda, disarankan untuk membawa HP ke pusat servis resmi Xiaomi untuk diperiksa lebih lanjut. Masalah tanda headset dapat disebabkan oleh kerusakan pada jack audio atau hardware pada HP Xiaomi, dan perlu diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Dengan memperhatikan beberapa cara yang telah dibahas di atas, pengguna HP Xiaomi dapat mengatasi masalah tanda headset yang mengganggu dan kembali menikmati penggunaan HP dengan nyaman.