3 Cara Mengunci Aplikasi Paling Mudah Untuk Semua HP

Tabloidhape.com – Cara mengunci aplikasi menjadi salah satu hal yang paling dicari pengguna hp android saat kini.  Karena sangat penting untuk melindungi privasi dan data penting kita dari orang lain yang meminjam smartphone kita.

Apalagi zaman sekarang kebanyakan orang membutuhkan handphone untuk berbagai hal. Contohnya untuk menunjang gaya hidup, pekerjaaan komunikasi dan lain sebagainya. Sehingga wajar kalau banyak sekali data penting yang harus dilindungi.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara untuk mengunci aplikasi di android berbagai tipe, untuk pengguna iphone ios bisa menggunakan cara mengunci aplikasi di iphone ios yang telah kita tulis sebelumnya.

3 Cara Mengunci Aplikasi 

cara mengunci aplikasi

Biasanya orang memang menyimpan banyak data pribadi di galeri, file-file pekerjaan, data perbankan dan berbagai aplikasi penting yang tidak boleh diakses orang lain. Sehingga membutuhkan cara mengunci aplikasi yang aman dan dapat diandalkan.

Dengan mengunci aplikasi maka tidak setiap orang dapat membuka aplikasi pada handphone yang digunakan. Sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat handphone hilang misalnya, maka data penting yang ada dalam smartphone kita tidak dapat di miliki orang lain.

Ada beberapa cara mengunci aplikasi yang efektif sesuai dengan tipe hp masing-masing. Mulai dari sistem yang sudah ada di smartphone alias sistem bawaan maupun menggunakan aplikasi pengunci aplikasi.

Agar tidak semakin penasaran maka mari kita lihat beberapa cara yang mungkin dapat kamu gunakan:

Untuk Mengunci Android 10 Dan Android 9.0 Pi

Langkah yang pertama adalah cara mengunci aplikasi yang populer digunakan oleh pengguna handphone Android 10 Dan Android 9.0 Pi. Karena serinya hampir sama maka cara mengunci aplikasinya juga sama. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Anda dapat membuka terlebih dahulu pengaturan dan pilih Security atau Biometrics and security > other security settings.
  2. Kemudian geser ke bawah sampai menemukan Advanced.
  3. Cara mengunci aplikasi di Android ini dapat dilanjutkan dengan memilih toggle di sebelah Pin windows.
  4. Kemudian nyalakan toggle Screen pinning untuk mengaktifkannya. Agar mendapatkan hasil maksimal dari screen pinning dan guest accounts, maka anda harus menyetel pin, kata sandi, atau pola layar kunci sebelumnya.
  5. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan memilih Ask for PIN before unpinning untuk mengaktifkannya. Fungsinya adalah untuk meningkatkan keamanan.
  6. Setelah itu pilih ikon Overview (kotak di bagian bawah layar), kemudian tap ikon aplikasi yang ingin dipin.
  7. Namun jika tidak menemukan tombol Overview, maka anda dapat menggeser ke atas untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda pin,lalu ketuk ikonnya yang berada pada bagian atas.
  8. Setelah itu Anda dapat memilih Pin this app. Dan tunggu sampai mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan pin. Setelah itu Anda harus memilih OK untuk melanjutkan.
  9. Untuk melanjutkan tahapan selanjutnya maka Anda dapat menekan dan tahan tombol Back dan Overview secara bersamaan untuk melepas pin aplikasi.
  10. Yang perlu diingat adalah pada beberapa handphone Android mewajibkan pengguna untuk menekan dan menahan tombol Back dan Home untuk melepas pin.
  11. Setelah itu Anda dapat memasukkan pin, pola, kata sandi, atau opsi keamanan biometrik Anda untuk melepas pin layar.
  12. Setelah semua langkah di atas selesai maka cara mengunci aplikasi di Android selesai.
BACA JUGA:  Cara Mengunci Aplikasi di Hp Oppo Paling Mudah

Untuk Mengunci Android 8.0 Oreo Dan Android 7.0 Nougat

Untuk yang menggunakan Android versi lama tidak perlu risau, karena Anda dapat menggunakannya dengan cara yang sedikit berbeda.  Anda dapat melakukan cara mengunci aplikasi dengan langkah-langkah yang mudah diikuti seperti dibawah ini:

  1. Pertama kali Anda dapat membuka pengaturan, kemudian lanjutkan dengan mengetuk Lock screen and security.
  2. Setelah itu Anda dapat melanjutkannya dengan memilih other security settings.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih pin windows.
  4. Ada beberpa hal yang perlu diingat pada tahapan ini,  untuk beberapa smartphone yang menjalankan Android 7.0, Anda dapat mengunjungi  SettingsSecurityScreen pinning. Setelah melakukan langkah 1,2 dan 3.
  5. Kemudian nyalakan toggle untuk mengaktifkan screen pinning.
  6. Setelah itu utnuk mengaktifkan toggle Use screen lock type to unpin. Namun yang harus diperhatikan, pada beberapa smartphone Android 7.0, opsi ini juga disebut sebagai Ask for unlock pattern before unpin.
  7. Cara mengunci aplikasi selanjutnya adalah dengan memilih overview, kemudian Anda dapat mengarahkan  kursor ke jendela aplikasi yang ingin di kunci.
  8. Selanjutnya Anda harus memilih thumbtack atau ikon paku payung di pojok kanan bawah, lalu ketuk Start.
  9. Kemudian Anda wajib untuk memilih dan menahan ikon Back dan Overview untuk melepaskan pin. Sementara itu untuk beberapa smartphone dengan Android 7.0, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol Back untuk melepas pin.
  10. Setelah itu Anda dapat memasukkan pola, pin, kata sandi, atau opsi keamanan biometrik Anda untuk dapat melepaskan pin aplikasi.
  11. Setelah semua tahapan diatas selesai maka cara mengunci aplikasi di Android selesai.

Demikianlah langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data-data pribadi Anda jika menggunakan smartphone jadul. Jangan lengah, sekarang kejahatan cyber semakin marak dan korban yang berjatuhan bertambah banyak.

BACA JUGA:  Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung 

Langkah yang terakhir adalah cara mengunci aplikasi melalui secure folder. Sayangnya ini hanya dapat digunakan pada smartphone android keluaran Samsung.  Anda dapat melindungi aplikasi yang ingin dikunci dengan menggunakan opsi keamanan.

Namun jika perangkat yang Anda gunakan tidak dilengkapi dengan aplikasi secure folder maka Anda dapat mengunduh aplikasi secure folder terlebih dahulu melalui Google Play. Namun, syaratnya adalah menggunakan android dengan versi minimal Android 7.0 atau yang lebih tinggi.

  1. Langkah pertama adalah memilih menu settings, kemudian lanjutkan dengan mengetuk Biometrics and security.
  2. Setelah itu Anda dapat memilih Secure Folder.
  3. Lanjutkan dengan mengetuk Agree pada layar splash, dan lanjutkan dengan masuk ke akun Samsung yang Anda punya ketika diminta.
  4. Cara mengunci aplikasi dengan cara ini dapat dilanjutkan dengan memilih Lock type.
  5. Setelah itu pilih pattern, PIN, atau Password, Anda juga dapat memilih opsi biometrik jika tersedia.
  6. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan memasukkan pilihan Anda dan mengkonfirmasinya.
  7. Setelah itu Anda dapat memilih Secure Folder dari laci aplikasi, kemudian lanjutkan dengan mengetuk Add apps.
  8. Lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin  disertakan dalam Secure Folder,  kemudian ketuk Add.
  9. Setelah itu Anda dapat memilih Lock and exit di sudut kanan atas.
  10. Tunggu beberapa saat sampai muncul pesan singkat yang isinya adalah pemberitahuan bahwa Secure Folder sekarang terkunci. Untuk mengaksesnya maka Anda dapat meminta kata sandi yang sudah dibuat terlebih dahulu.
  11. Setelah itu Anda dapat melanjutkan cara mengunci aplikasi dengan memasukkan pin, pola, kata sandi, atau opsi keamanan biometrik Anda untuk membukanya.
  12. Setelah itu Anda dapat memilih lock and exit untuk melanjutkan prosesnya.
BACA JUGA:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo dengan 3 Langkah

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk menjamin keamanan data pribadi yang harus dilindungi dengan baik. Sebelum menggunakan salah satu cara mengunci aplikasi di atas, Anda dapat menyesuaikan terlebih dahulu dengan versi smartphone yang Anda gunakan. Selamat mencoba!