Cara Mengunci Google Drive, Mudah & Cepat

Cara Mengunci Google Drive, Mudah & Cepat

Tabloidhape.com – Cara mengunci Google Drive cukup mudah dilakukan baik melalui PC maupun melalui smartphone. Seperti yang diketahui bersama bahwa Google Drive merupakan platform penyimpanan online yang disediakan oleh perusahaan multinasional Google. Google Drive hadir sebagai solusi penyimpanan online gratis dalam segala bentuk file dengan maksimum kapasitas 15GB.

Jika Anda mengambil kapasitas yang berbayar maka limitasi kapasitas penyimpanannya akan jauh lebih besar, tentu akan memberi manfaat lebih. Terutama bagi Anda yang membutuhkan pelaporan data secara cepat namun dapat diakses oleh banyak pihak, maka Google Drive adalah solusi jitu.

4 Cara Mengunci Google Drive

Berikut cara-cara dalam mengunci akun maupun file pada Google Drive Anda.

1. Verifikasi 2 Langkah Akun

Cara mengunci Google Drive salah satunya dapat dilakukan dengan melakukan verifikasi 2 langkah agar keamanan akun Anda semakin tinggi. Orang lain tidak akan bisa masuk ke akun Anda tanpa persetujuan dari Anda sendiri, data privasi menjadi semakin aman. Isu ini menjadi komitmen Google untuk memberikan pelayanan keamanan bagi tiap user yang menggunakan platformnya.

Namun masih banyak pengguna internet yang belum melek fitur keamanan Google ini sehingga banyak yang belum mengaktifasinya. Padahal manfaatnya jelas dirasakan sebagai pencegahan pengambilan data pribadi sebagai keamanan ganda akun pribadi Anda. Terlebih lagi fitur ini dapat Anda nikmati secara gratis, berikut cara lengkapnya.

  • Pilih ikon “Pengaturan” pada android Anda, tap “Pengaturan Aplikasi”.
  • Pilih menu “Google” dan “Akun Google” yang tersedia, klik pada akun yang ingin Anda amankan.
  • Kemudian akan muncul “Log in ke Google” pada layar smartphone Anda, tap ikon tersebut.
  • Setelah masuk nanti terdapat teks “Verifikasi 2 Langkah” dan akan muncul ikon “Start” atau “Mulai”, tap pada ikon tersebut untuk memulai langkah-langkahnya.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan arahan Google hingga selesai maka secara otomatis verifikasi 2 langkah telah aktif.
BACA JUGA:  Cara Mengatasi Google Drive Penuh, Mudah & Cepat

2. Kunci atau Sembunyikan File pada Google Drive

Cara mengunci Google Drive lainnya bisa dengan mengunci atau menyembunyikan file pada akun Drive Anda agar tidak bisa diakses orang lain. Bisa pula diamankan dengan menggunakan password pada file yang Anda unggah pada akun Google Drive Anda. Kedua upaya tersebut dilakukan demi meningkatkan keamanan file yang Anda simpan pada Drive mengingat banyak kasus kebocoran data pribadi.

3. Terapkan Password pada File Sebelum Diunggah ke Google Drive

Fitur ini disediakan utamanya dari software atau aplikasi keluaran Microsoft yang secara cermat memberikan fitur keamanan kepada penggunanya. Mengingat perusahaannya telah berpengalaman pada dunia IT dan internet sehingga memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya. Berikut kami kasih contoh langkah-langkah dalam memberi password pada file sebelum diunggah ke Google Drive.

  • Sebagai contoh File yang akan diunggah dalam bentuk Microsoft Word, buka file Ms Word Anda.
  • Tap ikon “File” yang berada di sebelah kiri atas layar Anda.
  • Sorot menu “Protect Document” agar muncul “Enkripsi dengan Kata Sandi” lalu pilih.
  • Masukkam kata sandi dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka agar tak mudah dibobol.

4. Kunci dan Sembunyikan File Lewat Google Drive

Cara mengunci Google Drive salah satunya dapat dilakukan dengan mengamankan file agar tak tampak oleh orang lain, berikut caranya.

  • Buka akun Google Drive Anda lalu kelompokkan file yang ingin Anda kunci atau sembunyikan dalam satu folder.
  • Pastikan nama folder yang digunakan unik dan berbeda dengan folder lain.
  • Klik folder yang ingin dikunci atau disembunyikan lalu pilih “Bagikan”.
  • Setelah muncul pemberitahuan Pop Up pengaturan file, tap ikon berwarna hijau (mode: On) agar berwarna abu-abu (mode: Off).

Jika fitur ini diaktifasi maka orang lain sudah tidak dapat lagi mengaksesnya sehingga data yang Anda miliki lebih aman. Cara yang sama bisa digunakan pada file dalam bentuk excel maupun power point. Oleh sebabnya langkah di atas sangat mudah untuk diaplikasikasikan oleh siapa saja.

BACA JUGA:  Cara Membagikan Google Drive, Mudah & Cepat

Cara mengunci Google Drive di atas bisa Anda gunakan semuanya atau Anda pilih salah satu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam mengamankan file yang Anda simpan. Jika Anda merasa memiliki waktu luang untuk mengerjakannya dan ingin meninggikan tingkat keamanan file maka gunakan saja semuanya.

Penggunaan Google Drive yang kian masif di tengah masyarakat membuatnya rentan terhadap peretasan. Tidak jarang perusahaan yang memiliki tim dari berbagai daerah umumnya menggunakan Google Drive untuk membuat laporan kerja. Sehingga faktor keamanan data menjadi barang penting bagi perusahaan untuk diperhatikan untuk memastikan kerahasiaan datanya.

Nah, di atas telah diulas cara mengunci Google Drive Anda secara lengkap dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jika Anda masih penasaran, langsung saja praktikkan langkah-langkah di atas untuk mengamankan data penting Anda pada Google Drive.