Cara Mengunci WA Paling Mudah, Cocok untuk Semua Tipe HP

Tabloidhape.com – Berbagai negara, terutama Indonesia adalah pengguna WhatsApp (WA) paling banyak, karena dianggap lebih simple dan ringan pada berbagai smartphone. Namun, tahukah Anda bahwa pengguna juga memerlukan cara mengunci WA?

Tidak dapat dipungkiri, aplikasi yang diciptakan oleh Brian Acton dan Jan Koum ini sangat membantu banyak orang untuk berkomunikasi jarak jauh. Apalagi tidak sekadar berkirim pesan, menelepon atau video call saja, tapi juga ada fitur pengiriman dokumen dan lainnya.

Ini Alasan Anda Perlu Cara Mengunci WA

Mengunci aplikasi yang banyak fungsi mempermudah pengguna ini, sebenarnya bukan suatu kewajiban. Namun, Anda yang sangat mengutamakan kerahasiaan atau privasi terhadap setiap pesan yang dikirimkan atau dokumen dan lain sebagainya melalui WA.

Sementara, bagi Anda yang tidak memerlukan privasi, tentu mengunci WA bisa menjadi hal yang merepotkan. Sebab, aplikasi ini digunakan oleh berbagai kalangan dan memiliki tujuannya masing-masing dalam berkirim pesan melalui WhatsApp.

Apabila pengguna WA memanfaatkan aplikasi berkirim pesan ini untuk melakukan percakapan penting, mengirim berbagai dokumen penting atau bersifat rahasia, hingga informasi berharga lainnya yang tersimpan di dalam WhatsApp.

Hal tersebut tentu membuat pengguna WA merasa khawatir apabila sewaktu-waktu akun yang dimiliki dapat diakses atau dibobol oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Pencurian data atau dokumen pada WhatsApp bisa saja terjadi dan merugikan pengguna.

Untungnya, WhatsApp LLC selaku developer selalu melakukan update terhadap aplikasi yang sangat digemari di berbagai negara ini. Disediakan cara mengunci WA yang dapat dimanfaatkan untuk mengamankan akun yang Anda miliki.

BACA JUGA:  Cara Membuat Variasi Gaya Tulisan Unik di Whatsapp

cara mengunci wa

Pengguna WhatsApp tidak perlu lagi merasa khawatir terjadinya pembobolan dokumen penting atau percakapan yang bersifat rahasia. Sebab, bisa melakukan pengamanan yang lebih akurat terhadap akun WA yang ada di smartphone dan juga Web.

Apalagi bagi Anda yang memiliki grup penting pada WA yang berisi rapat atau share mengenai dokumen, video, atau foto yang sifatnya pribadi, pasti lebih merasa tenang dengan keselamatan informasi mereka yang tersimpan di dalam WhatsApp grup tersebut.

Terutama bagi pengguna smartphone yang kerap dipakai oleh anaknya yang suka bermain game atau menonton Youtube, maka sangat membutuhkan keamanan yang lebih terhadap WhatsApp agar tidak sembarangan dibuka atau dapat menimbulkan kekacauan.

Cara yang diberikan untuk meningkatkan privasi pada aplikasi berkirim pesan WA ini sangatlah mudah untuk diterapkan. Selain itu, keamanan jauh lebih terjamin agar tidak terjadi kebocoran rahasia percakapan, dokumen, dan lain sebagainya

3 Cara Mengunci WA

Berikut ini ada 3 cara mengunci WA paling mudah, anti ribet, dan yang pasti cocok untuk semua jenis smartphone yang digunakan. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan saja agar akun WhatsApp yang dimiliki terjamin keamanannya.

Cara Mengunci WA di Android

Smartphone Android dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan penggunanya, terutama soal meningkatkan keamanan. Fitur keamanan bawaan pun telah tersedia, sehingga tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengunci WA.

Fitur keamanan Android tersebut biasanya telah terintegrasi. Secara umum, disediakan keamanan dalam bentuk fitur fingerprint pada smartphone yang banyak diminati untuk memasang aplikasi WhatsApp ini.

Anda tinggal memanfaatkan fitur fingerprint yang sudah tersedia di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri. Praktikkan panduan mengunci WA bagi smartphone dengan jenis Android berikut ini tanpa aplikasi pihak ketiga.

  • Pertama, buka aplikasi WA dan pada tampilan halaman utama akan terlihat ikon dengan bentuk tiga titik di pojok kanan atas. Klik ikon tersebut untuk menemukan berbagai menu lanjutan agar dapat mengunci WhatsApp.
  • Kedua, cara mengunci WA pada smartphone Android yaitu membuka menu ‘Account’. Pada beberapa Android ada yang langsung dapat ditemukan, tapi ada juga yang harus membuka menu ‘Setting’ (Setelan) terlebih dulu.
  • Ketiga, apabila sudah masuk pada menu ‘Account’, silakan Anda pilih ‘Privacy’ yang memiliki ikon berbentuk gembok. Selanjutnya, klik ‘Fingerprint Lock’ yang ada di bagian paling bawah. Anda masukkan sidik jari dan ikuti alur pengaturannya.
BACA JUGA:  Cara Membaca Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus

Pada umumnya akan terdapat verifikasi sidik jari untuk memberikan konfirmasi kepada smartphone. Terakhir, silakan atur waktu otomatis untuk mengunci layar WA kembali, mulai dari 1 menit, hingga 30 menit.

Cara Mengunci Whatsapp di IPhone iOS

Smartphone jenis iOS juga menyediakan fitur keamanan yang dapat digunakan untuk mengunci WhatsApp. Namun, fitur tersebut hanya pada iPhone 5s ke atas, dan juga iOS 9 ke atas. Berikut ini panduan untuk mengunci WA bagi pengguna iOS.

  • Pertama, klik menu ‘Settings’ dan masuk ke dalam menu ‘Account’. Selanjutnya, pilihlah menu ‘Privacy’ sebagai cara untuk mengunci WA di iOS. Pada halaman tersebut Anda klik menu ‘Screen Lock’.
  • Kedua, pada menu ‘Screen Lock’ tersebut terdapat pilihan untuk mengaktifkan fitur keamanan pada iOS untuk mengunci WhatsApp, yang berupa Face ID atau Touch ID. Aktifkanlah fitur keamanan tersebut agar WA lebih terasa privasinya.
  • Ketiga, Anda dapat mengatur jangka waktu sebagai cara mengunci WA yang dapat dilakukan secara otomatis pada smartphone jenis iOS. Durasi pengunciannya tersedia berbagai pilihan sesuai kebutuhan mengunci WhatsApp yang tersedia hingga 1 jam.

Cara Kunci Whatsapp dengan Aplikasi Tambahan

Anda pemilik smartphone yang tidak memiliki fitur keamanan WA bawaan, maka tidak perlu berkecil hati. Sebab, pengembang juga menyediakan aplikasi tambahan atau yang dikenal juga sebagai aplikasi pihak ketiga untuk mengunci WhatsApp.

Panduan mengunci WA dengan cara menambah aplikasi pada smartphone ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi telah tersedia aplikasi gratis yang dapat diunduh pada Play Store atau App Store untuk membantu mengunci WA.

  • Pertama, bukalah Play Store atau App Store untuk menemukan aplikasi yang dapat membantu smartphone Anda agar WhatsApp lebih aman dan terjaga privasinya.
  • Kedua, download dan instal aplikasi ‘AppLock
  • Ketiga, buka ‘AppLock’ tersebut dan jalankan, serta pilih aplikasi WA. Selanjutnya, tersedia pilihan jenis keamanan yang diinginkan, mulai dari password atau pola untuk membuka aplikasi WhatsApp.
BACA JUGA:  Cara Merekam Panggilan Suara di Whatsapp Paling Mudah

Cara Mencegah Akun WA Agar Tidak di Bobol

Tahukah Anda bahwa WhatsApp Web juga dapat menyebabkan data dibobol? Oleh karena itu, pastikan untuk mengeluarkan akun dari WhatsApp Web. Berikut ini panduan lainnya untuk meningkatkan keamanan akun WA.

  • Pertama, buka aplikasi WA dari smartphone dan pilih titik tiga yang terletak di kanan atas.
  • Kedua, pilihlah ‘WhatsApp Web’ yang akan memunculkan semua daftar perangkat yang login.
  • Ketiga, logout WA dari semua perangkat Web tersebut

Itulah serangkaian cara mengunci WA yang terlengkap, tanpa ribet, dan cocok diterapkan pada berbagai jenis smartphone. Sesuaikan panduannya saat ingin melakukan privasi terhadap akun WhatsApp. Mulai berhati-hatilah dan jadilah pengguna WA yang cerdas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.