Cara Upload Repository Lokal Git ke Repository Online

Tabloidhape.com – Sebelumnya mimin sudah menjelaskan bagaimana cara menggunakan Git pada Windows. Tutorial sebelumnya kita masih menggunakan repository lokal pada komputer / laptop masing – masing. Sekarang mimin akan kasih tau bagaimana cara upload project git dari repository lokal ke repository online. Tetapi sebelum itu mimin akan bahas dulu apa sih keuntungan Repository Online.

Apa Keuntungan Repository Online

Sebenarnya banyak sekali keuntungan dalam menggunakan repository online.

  • Pertama, Repository online memudahkan kalian dalam kolaborasi project secara tim. Tiap anggota tim dapat melakukan pull & push. Mimin akan membahas kegunaan pull, push, dan pull request pada artikel selanjutnya.
  • Kedua, Respository online itu seperti backup project. Jika ada masalah terjadi pada komputer/laptop kalian dan data – data file projek tidak bisa diselamatkan, kalian masih memiliki repository online yang terdapat di server dan dapat di download kapan saja.
  • Ketiga, memudahkan kalian menguppload project ke server produksi. Jika kalian memiliki VPS dan ingin mengupload project tersebut ke VPS, kalian hanya perlu clone repository online dengan satu baris perintah yang simple.

Masih banyak lagi keuntungan Git pada repository online yang dapat kalian rasakan.

Memilih Repository Online

Banyak penyedia repository online diluar sana dan tiap penyedia memiliki kelebihan dan keunggulan masing – masing, tetapi konsepnya tetap sama. Mimin merekomendasikan untuk menggunakan GitHub karena gratis dan memiliki komunitas yang banyak.

Tetapi jika kalian menggunakan GitHub, project kalian akan dapat dilihat oleh semua orang. Jika kalian ingin membuat private repository pada GitHub, kalian dapat membayar $7/bulan. Ada juga Bitbucket yang menyediakan private repository secara gratis tetapi memiliki limitasi tertentu yang dapat kalian lihat langsung pada websitenya.

Upload ke Repository Online

Pada tutorial kali ini mimin menggunakan GitHub sebagai repository online pada project yang telah kita buat, caranya:

1. Buat repository baru terlebih dahulu pada GitHub. kalian dapat membaca artikel cara menggunakan GitHub dan membuat repository baru.

2. Copy link repository GitHub kalian. (contoh link: https://github.com/zcabez/MyNewProject.git)

3. Sekarang buka folder project yang sudah menggunakan Git pada laptop/komputer kalian.

4. Buka command prompt pada folder tersebut

5. Kita akan menambahkan repositor online/remote repository pada project kita, ketikkan perintah berikut pada command prompt

  • git remote add origin [link_repository_github]

Pada perintah diatas kita memberikan perintah pada aplikasi git untuk menambahkan remote repository yang kita beri nama “origin”. ganti [link_repository_github] dengan link repository kalian yang telah di copy sebelumnya. Contoh:

  • git remote add origin https://github.com/zcabez/MyNewProject.git

6. Waktunya mengupload file – file project ke remote repository yang telah. Ketikan perintah berikut

  • git push -u origin master

“master” merupakan nama branch yang ingin kita upload. Mimin akan membahas branching pada Github di artikel selanjutnya.

7. Tunggu beberapa saat sehingga semual file berhasil terupload.

Selesai itulah langkah – langkah upload project dari repository lokal ke repository online dengan Git.