Layar HP Tidak Bisa Disentuh? Begini Cara Mengatasinya

Layar HP Tidak Bisa Disentuh? Begini Cara Mengatasinya

Tabloidhape.com – Layar HP tidak bisa disentuh dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna. Jika layar tidak merespons atau tidak berfungsi dengan benar, maka pengguna tidak dapat melakukan apapun di ponsel mereka, mulai dari membuka aplikasi hingga menjawab panggilan telepon.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka artikel ini akan membantu Anda untuk memahami penyebab dari layar HP yang tidak bisa disentuh dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

  • Layar Kotor atau Berkotoran

Layar kotor atau terdapat kotoran dapat menjadi penyebab utama layar HP yang tidak dapat disentuh. Partikel-partikel debu, minyak, dan benda lain yang menempel pada layar dapat menghalangi penggunaan layar sentuh dengan benar.

Solusi: Bersihkan layar HP Anda dengan kain lembut atau tisu basah yang lembut. Pastikan Anda membersihkan layar secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran.

  • Gangguan pada Aplikasi

Beberapa aplikasi mungkin mengalami gangguan yang mengakibatkan masalah pada layar HP. Masalah ini terutama terjadi ketika aplikasi tersebut memerlukan akses ke layar sentuh untuk berfungsi dengan benar.

Solusi: Coba untuk menutup aplikasi yang terbuka dan mulai kembali aplikasi tersebut. Jika masalah terus berlanjut, coba hapus dan instal ulang aplikasi tersebut.

  • Layar Tidak Merespons

Pada beberapa kasus, layar HP tidak merespons ketika pengguna menyentuhnya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kerusakan hardware.

Solusi: Matikan HP Anda dan hidupkan kembali. Jika masalah tetap berlanjut, coba untuk melakukan reset pabrik atau hubungi teknisi untuk memperbaiki masalah hardware.

  • Kurangnya Kapasitas Memori

Kurangnya kapasitas memori pada HP Anda dapat menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi dengan benar. Hal ini terutama terjadi ketika banyak aplikasi atau file yang terinstal di HP Anda.

Solusi: Hapus file atau aplikasi yang tidak perlu atau simpan di penyimpanan cloud untuk membebaskan ruang pada perangkat Anda.

  • Kerusakan pada Layar Sentuh

Jika masalah tetap berlanjut, mungkin ada kerusakan pada layar sentuh HP Anda. Hal ini dapat terjadi akibat jatuh, terkena air atau benda keras lainnya.

Solusi: Segera bawa HP Anda ke pusat perbaikan terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Jika Anda mengalami masalah dengan layar HP yang tidak bisa disentuh dan juga tidak bisa dimatikan, Anda mungkin merasa frustrasi dan bingung tentang bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba:

  • Lakukan Hard Reset atau Forced Restart
BACA JUGA:  12 Aplikasi Desain Grafis Android Offline & Online Terbaik

Coba tekan dan tahan tombol power atau power dan volume down (tergantung pada model HP Anda) selama 10-20 detik hingga perangkat mati dan kemudian hidup kembali. Ini akan memaksa restart HP dan dapat memperbaiki masalah yang menyebabkan layar tidak bisa disentuh.

  • Coba Safe Mode atau Mode Aman

Safe mode dapat membantu Anda memecahkan masalah yang mungkin disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau virus. Untuk masuk ke mode aman, tahan tombol power dan tekan “Safe mode” ketika muncul pada layar.

  • Bersihkan Layar dan Port USB

Bersihkan layar HP dengan kain bersih dan kering serta pastikan tidak ada kotoran atau bekas air. Selain itu, periksa juga port USB pada perangkat Anda dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang terjebak di sana.

  • Reset Pabrik atau Factory Reset

Jika masalah yang Anda alami tetap terjadi, mungkin perlu melakukan reset pabrik atau factory reset. Ini akan menghapus semua data dan aplikasi pada perangkat Anda, sehingga pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

  • Bawa ke Teknisi

Jika semua solusi di atas tidak berhasil, maka ada kemungkinan ada kerusakan pada perangkat keras. Sebaiknya bawa perangkat Anda ke teknisi atau pusat servis HP terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki.

Layar HP yang tidak bisa disentuh dan tidak bisa dimatikan dapat disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk perangkat lunak atau hardware yang rusak. Namun, dengan beberapa solusi yang disebutkan di atas, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mudah. Pastikan Anda mem-backup data Anda sebelum melakukan reset atau membawa ke teknisi untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi Layar HP Samsung Tidak Bisa Disentuh

Masalah layar yang tidak bisa disentuh pada perangkat Samsung bisa terjadi pada berbagai model HP Samsung, baik itu Galaxy S, Note, ataupun A-Series. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Restart HP

Coba matikan HP Anda terlebih dahulu, lalu nyalakan kembali. Hal ini bisa membantu memperbaiki masalah sementara pada layar yang tidak bisa disentuh.

  • Bersihkan Layar

Coba bersihkan layar HP Anda dengan menggunakan kain yang bersih dan kering. Pastikan tidak ada kotoran atau bekas air yang tersisa di layar.

  • Lepaskan Casing dan Pelindung Layar

Jika HP Anda dilengkapi dengan casing atau pelindung layar, cobalah untuk melepasnya terlebih dahulu. Terkadang, casing atau pelindung layar yang kurang pas atau rusak dapat menyebabkan masalah pada layar.

  • Coba Safe Mode

Coba masuk ke dalam Safe Mode dengan menekan dan menahan tombol power hingga muncul opsi “Power off”, lalu tekan dan tahan opsi “Power off” tersebut hingga muncul opsi “Safe mode”. Dalam mode ini, sistem hanya akan memuat aplikasi bawaan dan mengabaikan aplikasi pihak ketiga. Jika masalah pada layar sudah tidak ada dalam mode ini, kemungkinan besar masalah disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

  • Update Sistem Operasi
BACA JUGA:  6 Cara Mengatasi Notifikasi yang Tertunda di Android

Pastikan sistem operasi HP Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Terkadang, masalah layar yang tidak bisa disentuh dapat disebabkan oleh bug pada sistem operasi yang sudah diperbaiki pada versi terbaru.

  • Factory Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka Anda dapat melakukan factory reset. Namun, pastikan Anda melakukan backup data terlebih dahulu, karena factory reset akan menghapus semua data yang ada di HP Anda.

Jika masalah pada layar tetap ada setelah mencoba cara-cara di atas, maka kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau layar HP Anda. Anda dapat membawa HP Anda ke pusat servis resmi Samsung untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Jika layar HP Anda tidak bisa disentuh sebagian, maka kemungkinan ada beberapa area pada layar yang tidak responsif atau tidak berfungsi. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Bersihkan Layar HP

Coba bersihkan layar HP Anda dengan menggunakan kain yang bersih dan kering. Pastikan tidak ada kotoran atau bekas air yang tersisa di layar. Kadangkala, kotoran atau debu di layar dapat menyebabkan layar tidak responsif di area tertentu.

  • Restart HP

Coba matikan HP Anda terlebih dahulu, lalu nyalakan kembali. Hal ini bisa membantu memperbaiki masalah sementara pada layar yang tidak bisa disentuh.

  • Cek Layar Sentuh dengan Aplikasi Tes Layar

Ada aplikasi tes layar yang dapat membantu Anda memeriksa apakah ada masalah pada layar sentuh HP Anda. Cari dan unduh aplikasi ini di Play Store, kemudian ikuti instruksi pada aplikasi untuk melakukan tes layar sentuh. Jika ada area yang tidak responsif, maka ada kemungkinan layar sentuh Anda mengalami masalah.

  • Reset Pengaturan Layar

Jika masalah pada layar hanya terjadi pada beberapa area, Anda dapat mencoba reset pengaturan layar. Pada beberapa model HP, Anda dapat melakukan reset pengaturan layar melalui menu “Pengaturan” > “Tampilan” > “Reset tampilan”. Namun, pastikan Anda mem-backup data penting sebelum melakukan reset.

  • Perbarui Perangkat Lunak HP

Pastikan perangkat lunak HP Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Terkadang, masalah pada layar dapat disebabkan oleh bug pada sistem operasi yang sudah diperbaiki pada versi terbaru.

  • Bawa ke Teknisi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau layar HP Anda. Anda dapat membawa HP Anda ke teknisi atau pusat servis resmi untuk diperiksa dan diperbaiki.

Layar HP yang tidak bisa disentuh sebagian dapat disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk kotoran atau debu di layar, masalah pada software atau hardware, dan sebagainya. Namun, dengan beberapa solusi yang disebutkan di atas, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mudah. Pastikan Anda mem-backup data Anda sebelum melakukan reset atau membawa ke teknisi untuk diperbaiki.

BACA JUGA:  Solusi Mengatasi Unfortunately Google Play Store Has Stopped

Cara Restart HP Touchscreen yang Tidak Bisa Disentuh

Jika layar HP Anda tidak bisa disentuh dan Anda ingin merestartnya, maka Anda dapat melakukan restart paksa. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan restart paksa pada HP touchscreen yang tidak bisa disentuh:

  • Tahan tombol Power

Tahan tombol Power atau tombol on/off pada HP Anda selama 10 hingga 20 detik. Hal ini akan memaksa HP untuk mati dan merestart kembali.

  • Tunggu Beberapa Detik

Setelah HP dimatikan, tunggu beberapa detik sebelum menyalakannya kembali. Hal ini akan memberikan waktu untuk HP untuk merespons dan mengaktifkan ulang sistem operasinya.

  • Nyalakan Kembali HP

Setelah beberapa detik, tekan tombol Power pada HP Anda untuk menyalakannya kembali. HP Anda seharusnya merespons dan mengaktifkan ulang sistem operasinya.

Jika setelah melakukan restart paksa, layar HP Anda masih tidak bisa disentuh, kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau layar HP Anda. Anda dapat membawa HP Anda ke teknisi atau pusat servis resmi untuk diperiksa dan diperbaiki.

Jika layar HP Anda tidak bisa disentuh dan Anda ingin merestartnya, Anda dapat melakukan restart paksa dengan menekan tombol Power pada HP Anda selama 10 hingga 20 detik. Namun, jika masalah tetap ada setelah melakukan restart paksa, maka kemungkinan ada masalah pada hardware atau layar HP Anda.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ketika layar HP Anda tidak bisa disentuh, ini bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama jika Anda tidak bisa melakukan tugas sehari-hari seperti mengirim pesan, menjawab panggilan, atau memeriksa email. Ada beberapa alasan mengapa layar HP tidak bisa disentuh, seperti kotoran atau debu yang menumpuk pada layar, masalah pada software, atau masalah pada hardware.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa cara seperti membersihkan layar HP, merestart HP, cek layar sentuh dengan aplikasi tes layar, reset pengaturan layar, memperbarui perangkat lunak, atau membawa HP ke teknisi. Namun, jika semua cara tersebut tidak berhasil, maka kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau layar HP Anda.

Dalam mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh, pastikan Anda selalu mem-backup data penting sebelum melakukan reset atau membawa ke teknisi. Selain itu, Anda juga bisa mencegah masalah pada layar HP dengan cara menjaga kebersihan layar, menghindari terkena air atau cairan, serta tidak menjatuhkan HP secara berlebihan.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah serupa dan dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan mudah.