Pengertian Enkripsi dan Cara Kerja Enkripsi end-to-end Whatsapp

WhatsApp Messenger selalu mengedepankan keamanan dari pesan kita sehingga kita tidak perlu kuatir apabila pesan kita bocor di tangan orang-orang yang tidak kita inginkan.

WhatsApp Messenger sendiri kini sudah menyempurnakan pengembangan teknologi yang berupa pesan enkripsi end-to-end secara penuh. Sehingga menjadikan Whatsapp messenger sebagai acuan bagi aplikasi messenger di seluruh dunia.

Pada versi yang baru ini kita perlu mengatur ulang enkripsi data, dokumen yang kita kirimkan akan di enkripsi oleh server whatsapp baik berupa pesan, video, gambar, file, pesan suara bahkan maupun ketika kita melakukan panggilan video call.

Kuncinya sangat sederhana : ketika kita ingin mengirimkan pesan ke salah satu kontak yang ada di Whatsapp Messenger kamu, satu-satunya orang yang dapat membaca ataupun melihat pesan anda hanyalah si penerima pesan tersebut bahkan pihak whatsapp sendiri tidak akan bisa melihatnya.

Dengan demikian dapat mengurangi kejahatan di dunia maya seperti, hacker, rezim yang menindas dan masih banyak lagi. Tapi yang perlu kalian ketahui pesan yang di enkripsi secara end-to-end oleh server hanya dapat di baca oleh si penerima yang ingin kalian inginkan.

Kita tidak perlu mengatur apapun untuk mengenkripsi pesan pesan kalian apabila sudah mengupdate versi terbaru dari Whatsapp Messenger pesan-pesan kita secara otomatis sudah di enkripsi end-to-end.

Kita semua tahu di jaman modern ini kita di tuntut untuk melakukan sesuatu secara cepat dan instan tetapi harus mengedepankan security-nya.

Mungkin setiap hari kita mendengar pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan kerugian orang lain. Semua itu menjadikan kita lebih berhati hati lagi dalam melakukan segala hal termasuk pemilihan aplikasi messenger.

BACA JUGA:  Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Terlihat Online

Semua kecemasan itu sudah terjawab oleh aplikasi WhatsApp messenger ini dan kita tidak perlu lagi resah terhadap masalah tersebut.

Apa itu Enkripsi?

Enkripsi merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh suatu instansi tertentu baik itu pemerintah, perusahan maupun kita sendiri agar data-data kita tidak bocor ke tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Bayangkan saja jika perusahaan perbangkan tidak ada keamanan berupa enkripsi data maka apa yang terjadi? bisa saja data-data nasabah akan di curi oleh hacker apalagi sampai kehilangan dana beratus-ratus juta, siapa yang rugi?

Cara Kerja Enkripsi End-to-end

Didalam sebuah aplikasi WhatsApp Messenger ditanamkan kode-kode programming yang dapat mengubah pesan kita baik gambar maupun dokumen tertentu ke bahasa lain yang hanya dimengerti oleh aplikasi tersebut.

Sama halnya dengan token listrik, ketika pulsa listrik tersebut habis dan kita ingin mengisi token tersebut kita bisa membelinya secara online bahkan diluar sana banyak agen-agen aplikasi pulsa yang bisa dipercaya. Coba kita cermati lagi perihal meteran listrik tersebut. Padahal meteran listrik tidak terkoneksi dengan internet tetapi kenapa bisa mengetahui nomor token yang kita beli di agen listrik? jawabannya sederhana “Enkripsi Data”.

Dimana hanya server dan si meteran lah yang mengerti pesan tersebut. Sama halnya dengan Enkripsi End-to-End yang di kembangkan oleh WhatApp.

Bagaimana menurut kalian tentang cara kerja enkripsi end-to-end Whatsapp Mesenger kamu? Apakah mudah dipahami? Semoga artikel ini bermanfaat.