Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Tidak Rusak

Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Tabloidhape.com – Ada banyak sekali cara mematikan laptop yang benar, terlebih jika Anda menggunakan OS Windows. Dengan mengetahui berbagai cara ini sudah pasti bisa terhindar dari beberapa macam kerusakan ataupun eror. Hanya saja memang banyak orang yang masih menganggap hal ini tidak penting.

Sehingga, selalu mengabaikan cara yang benar dalam mematikan laptop. Padahal jika mengetahui cara ini juga bisa menjaga kinerja laptop tetap dalam keadaan optimal. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja menjadi lebih baik.

Cara Mematikan Laptop yang Benar

Namun memang tidak semua cara mematikan laptop yang benar bisa berfungsi dengan baik pada setiap jenis laptop. Oleh sebab itu, tersedia beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Mematikan Melalui Start

Cara mematikan laptop yang benar pertama ialah mematikan laptop melalui start. Cara ini sangatlah mudah untuk dipraktikkan. Sehingga, meskipun baru mempunyai laptop, pasti bisa melakukannya. Adapun untuk caranya ialah sebagai berikut:

  1. Mengklik tombol start
  2. Melakukan pencarian opsi power pada kolom pencarian
  3. Dari banyaknya pilihan power, cukup pilih opsi shutdown.
  4. Proses mematikan laptop pun akan dimulai.

Cara mematikan laptop yang benar satu ini tidak akan memakan waktu yang lama. Terlebih jika Anda sudah mematikan semua aplikasi yang sebelumnya digunakan.

Membuat Shortcut Shutdown Sendiri

Jika Anda menggunakan laptop dengan windows 10, maka bisa membuat shortcut sendiri untuk mematikan laptop. Untuk cara ini sangatlah mudah, cukup dengan menaruh shortcut pada desktop. Jika shortcut tersebut Anda klik, maka secara otomatis laptop pun akan mati.

Mengganti Tombol Power

Cara mematikan laptop yang benar selanjutnya ialah dengan mengganti tombol power. Cara ini sangat disarankan untuk Anda gunakan dalam keadaan darurat. Seperti misalnya harus mematikan langsung laptop dengan menekan tombol power  Biasanya, dalam kondisi seperti ini laptop Anda akan berada pada mode sleep. Oleh sebab itu, cara untuk menggantinya ialah:

  1. Masuk ke control panel
  2. Pilih hardware & sound
  3. Pilih opsi power option
  4. Klik opsi change what the power off buttons do.
  5. Ubah opsi tersebut dengan when i press the power button dari sleep menjadi shutdown.
  6. Klik OK dan selesai.
BACA JUGA:  3 Cara Memperbesar Layar Laptop atau Komputer

Cara Mematikan Laptop yang Benar dengan Keyboard

Selain beberapa cara mematikan laptop yang benar di atas, ada beberapa cara lain melalui keyboard. Biasanya cara satu ini merupakan kombinasi dari beberapa tombol keyboard. Adapun beberapa cara yang dimaksudkan di sini ialah:

  • Menggunakan Kombinasi Alt + F4

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan kombinasi tombol alt + F4. Selain mematikan laptop, kombinasi tombol ini juga bisa digunakan untuk menutup beberapa jendela aplikasi yang sedang terbuka. Adapun cara mudahnya ialah sebagai:

  1. Menekan kombinasi tombol alt + F4
  2. Setelah semua jendela tertutup, maka tekan kombinasi tersebut sekali lagi.
  3. Pop up menu shutdown akan muncul pada layar laptop Anda
  4. Klik tombol panah dan enter untuk bisa memilih opsi yang diinginkan.
  • Kombinasi Windows + tab

Cara mematikan laptop yang benar selanjutnya ialah dengan menggunakan kombinasi dari tombol window + tab. Cara yang satu ini memang belum terlalu banyak diketahui oleh orang-orang. Tetapi memang sangat praktis dan cocok untuk semua merek laptop. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  1. Memastikan semua program atau aplikasi mati terlebih dahulu
  2. Masuk ke halaman depan laptop
  3. Cari dan tekan tombol windows dan tab secara bersamaan.
  4. Setelahnya akan muncul ikon power
  5. Tekan simbol atau ikon tersebut
  6. Laptop akan otomatis mati.
  • Kombinasi Tombol Windows + X

Cara mematikan laptop yang benar satu ini sebenarnya sama saja seperti beberapa cara sebelumnya. Adapun untuk caranya sendiri ialah sebagai berikut:

  1. Pastikan semua aplikasi sudah ditutup
  2. Tekanlah kombinasi tombol windows dan X secara bersamaan
  3. Akan muncul pilihan pada layar laptop
  4. Pilih shutdown pada pilihan tersebut
  5. Tekan enter dan laptop akan mati dengan sendirinya.
  • Kombinasi 3 Tombol (Ctrl + Alt + Del)

Masih ada cara mematikan laptop yang benar menggunakan keybord. Pada cara satu ini, Anda akan menggunakan 3 buah tombol, yaitu ctrl, alt, dan del. Langkah-langkah untuk cara yang satu ini ialah sebagai berikut:

  1. Pastikan semua jendela dan aplikasi sudah Anda tutup
  2. Tekan kombinasi tombol yang sudah disebutkan di atas secara bersamaan.
  3. Akan muncul pop up pilihan menu pada layar laptop Anda.
  4. Cukup pilih opsi shutdown dan tekan enter
  5. Setelah menekan enter, otomatis laptop akan mati.
  • Menggunakan Cmd
BACA JUGA:  Cara Bersihkan Cache Laptop Windows 7, 8, 10, dan 11

Cara mematikan laptop yang benar lainnya ialah dengan menggunakan cmd atau command prompt. Pada cmd ini, Anda bisa memasukkan perintah berupa tulisan. Adapun cara lengkapnya ialah:

  1. Pastikan semua jendela dan aplikasi yang sudah digunakan ditutup.
  2. Tekan kombinasi tombol windows dan R
  3. Akan muncul pop up Run
  4. Ketik cmd pada kolomnya dan klik enter
  5. Setelahnya, laptop Anda mati.

Ada keunikan dari cara mematikan laptop yang satu ini, yaitu ada beberapa perintah shutdown yang bisa dilakukan. Seperti mematikan laptop dengan cepat, membuat hitung mundur sebelum laptop mati, dan memunculkan pesan saat laptop mati.

  • Kombinasi Win + U + U

Kalau cara yang satu ini hanya bisa diaplikasikan pada pengguna windows xp saja. Untuk caranya sendiri sama dengan beberapa cara sebelumnya. Cukup menutup semua aplikasi yang sudah selesai dipakai, kemudian tekan tombol win, U, dan U. Setelahnya, laptop akan mati dengan sendirinya.

Alasan Mengapa Harus Tau Cara Mematikan Laptop yang Benar

Seperti yang sudah disinggung di atas, tentu saja ada alasan mengapa harus mengetahui cara-cara diatas. Adapun beberapa alasan lain yang perlu diketahui ialah sebagai berikut.

  • Menghindarkan Laptop dari Kerusakan Power Supply

Alasan pertama kenapa harus mengetahui beberapa cara mematikan laptop di atas ialah agar terhindar dari kerusakan power supply. Biasanya, jika proses mematikan laptop tidak benar, maka processor bisa mengalami kerusakan. Salah satunya ialah kerusakan pada aliran daya melalui perangkat power supply.

  • Agar Terhindar dari Gosongnya Processor

Dengan mengikuti cara diatas, laptop Anda bisa terhindar dari gosongnya processor. Ketika tidak mematikannya dengan benar, maka proses pendinginan tidak akan berjalan secara maksimal. Sehingga, akan berpotensi terbakarnya perangkat processor.

  • Terhindar dari Rusaknya RAM

Terakhir, ketika mengetahui dan menerapkan cara mematikan laptop dengan benar, maka bisa terhindar dari kerusakan RAM. Pada proses shutdown sendiri, sistem operasi akan benar-benar menghentikan proses pembacaan data secara teratur. Jika prosesnya tidak sesuai, sudah pasti RAM akan kebingungan.

Itulah beberapa cara mematikan laptop yang benar. Berbagai cara di atas tidak semuanya berfungsi pada berbagai jenis laptop. Sehingga, bisa dicoba satu per satu. Dengan mengikuti cara diatas, maka kinerja laptop pun akan lebih terjaga.

BACA JUGA:  Cara Ganti Password Laptop Windows 7, 8, 10, dan 11