Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Tabloidhape.com – Touchpad laptop merupakan satu hal penting yang sangat krusial karena menunjang kegunaan laptop itu sendiri. Lebih jelasnya, touchpad laptop memiliki fungsi yang sangat penting karena digunakan untuk alat navigasi yang dapat membuat penggunanya bisa menggerakkan kursor pada laptop tersebut. Jika bagian ini rusak, terdapat banyak cara mengaktifkan touchpad laptop.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Meskipun memiliki beragam cara untuk mengatasinya, anda juga harus paham akan seperti apa jika touchpad laptop tersebut tidak berfungsi dengan maksimal. Ini tentu dapat menggangu anda ketika menjalankan laptop bukan. Sedangkan untuk penyebab dari tidak berfungsinya touchpad laptop sendiri kemungkinan besar ada pada kesalahan sistem atau kerusakan software.

Berikut ini Ulasan Mengenai Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Baik

1. Jika Laptop Mengalami Kendala, Pastikan Anda Langsung Membersihkannya

Laptop yang mengalami kendala tentu bukan tanpa sebab, bisa saja anda menyepelekan kebersihan dari laptop itu sendiri. Misalnya saja laptop tersebut terkena tumpahan air, atau terkena berbagai minyak dan makanan kecil yang menyebabkan kotoran dan menghambat fungsi laptop tersebut. Hal mendasar seperti inilah yang sangat sering menjadi masalah besar nantinya.

Cara mengaktifkan touchpad laptop yang pertama ini bisa kalian lakukan dengan membersihkan laptop yang terkena kotoran tersebut hingga sensitivitasnya sudah tinggi. Anda dapat membersihkan touchpad tersebut dengan cara melakukan vacum cleaner sederhana sepertihalnya menyikat, dan memakai kain berbahan mucrofiber, atau bisa juga menggunakan lap yang kering.

Pastikan jika lap yang anda gunakan dapat menjangkau keseluruhan area pada touchpad dan bisa membersihkan kotoran yang ada didalamnya ya. Untuk membersihkannya sendiri jangan pada keadaan laptop yang menyala, jika sudah selesai dibersihkan anda bisa melakukan pengecekkan pada touchpad laptop, siapa tau hanya dengan membersihkannya anda bisa menggunakannya.

  • Cara melakukan pengecekkan bisa dilakukan dengan cara menyentuh tombol Win + X.
  • Anda juga bisa memilih menu Start dan tekan menu settings.
  • Cari tulisan ‘Devices’ dan lanjutkan dengan memilih opsi yang bertuliskan touchpad pada bagian kiri.
  • Di menu ini, pastikan touchpad dalam keadaan sensutivity dan anda bisa melakukan pengaturan di sana.
BACA JUGA:  Cara Mengatasi Laptop Not Responding dan Tidak Merespon

2. Lakukan Perbaikan dengan Menginstal Ulang Bagian Driver Touchpad

Nah, cara mengaktifkan touchpad laptop selanjutnya adalah dengan melakukan perbaikan atau memperbarui bagian driver laptop. Jika langkah ini tetap tidak bisa menunjang keberhasilan touchpad maka anda bisa melakukan penginstalan ulang driver laptop tersebut. Ini bisa anda lakukan sendiri dengan mengikuti beberapa langkah efektif di bawah ini.

  • Pada menu yang ada pada laptop, anda bisa memilih untuk mencari bagian search box yang ada pada pojok kiri bawah layar.
  • Jika sudah, tekan tulisan ‘Device Manager’ maka anda akan dibawa otomatis menuju pengaturan pada bagian ini.
  • Buka bagian ini lalu tekan Human Interface Devices dan pilih Update Driver atau pilih Touchpad jika anda ingin memperbarui ini.
  • Namun jika anda ingin melakukan penginstalan pada bagian. Driver Touchpad maka anda bisa membuka menu ‘Driver Manager’.
  • Ini terdapat pada menu laptop yang bisa anda cari di bagian search box di pojok kiri ping bawah.
  • Setelahnya masuk di menu Mice and Other Pointing Devices dan tekan bagian Uninstall Device. Setelahnya laptop akan otomatis me-restart.
  • Untuk cara install ulang setelahnya anda bisa memulainya dengan cara melakukan searching dengan mengetikan kata kunci berupa Windows Touchpad Driver pada google.
  • Ini bisa dilakukan jika anda memang sudah melakukan uninstall pada driver sebelumnya ya.

3. Jangan Lupa Untuk Mengaktifkan Juga Fitur dari Roll Back Driver Touchpad pada Laptop

Nah, masih ada lagi cara mengaktifkan touchpad laptop jika kedua cara sebelumnya masih tidak bisa berfungsi untuk mengatasi permasalah dari touchpad laptop ini. Cara ketiga ini bisa anda lakukan dengan perlahan ya. Dengan mengaktifkan fitur para bagian Roll Back Driver bisa membuat keadaan touchpad tersambung dengan jaringan laptop agar bisa digunakan.

  • Anda bisa melakukannya dengan tahapan pada menu Device Manager yang bisa anda cari di bagian Start.
  • Anda juga bisa mencarinya dengan cara menekan tombol pada Won + X dan setelahnya pilih menu Device Manager.
  • Jika sudah, anda bisa melakukan klik pada Mice and Other Pointing Devices. Cari dan tekan juga bagian Driver Touchpad dan buka menu Properties.
  • Di sini anda bisa memilih menu Roll Back Driver untuk mengaktifkan fitur ini agar bisa menunjang keberhasilan touchpad laptop anda. Lakukan tahapan di atas dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kesalahan lainnya pada laptop karena anda yang salah menekan tombol ya.
BACA JUGA:  Cara Buat Folder Baru di Laptop dan Komputer

4. Lakukan Pengubahan untuk Touchpad Laptop pada Bagian BIOS

Perlu anda ketahui jika ada pada beberapa laptop memiliki kasus yang sama jika laptop tersebut baru saja mengalami perbaikan pada pembaharuan di bagian software yang mana ini bisa terjadi setelah selesai mengalami perbaikan. Hal ini terjadi karena touchpad laptop mengalami pengaturan yang pastinya sudah berubah dari pengaturan touchpad sebelumnya. Untuk itu, perlu beberapa cara mengaktifkan touchpad laptop setelahnya agar bisa berfungsi lagi secara normal.

Untuk mengatasinya dalam.hal ini anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa perubahan pada pengaturan di touchpad itu sendiri menggunakan sebuah BIOS.

  • Untuk langkahnya, anda bisa mengawalinya dengan mematikan laptop tersebut terlebih dahulu.
  • Setelahnya, nyalakan kembali laptop dan anda bisa masuk pada menu BIOS untuk bisa mengakses menu tersebut. Namun, mencari menu BIOS di beberapa laptop biasanya dapat berbeda.
  • Jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan mengakses menu di kolom pencarian.
  • Jika sudah maka anda bisa masuk pada menu settings. Pilih pada bagian pengaturan Internal Pointing Devices.
  • Jika sudah masuk di menu ini maka anda bisa melakukan pengubahan pada bagian Enable yang setelahnya anda bisa keluar dari menu utama BIOS dengan Save Changes dulu.

5. Pilih Untuk Menggunakan Mouse Tambahan atau Mouse Eksternal

Cara mengaktifkan touchpad laptop di atas sebenarnya bisa dilakukan denga empat cara di atas, namun jika keempatnya tidak bisa membuat touchpad laptop berjalan maka anda bisa mengakalinya dengan cara menggunakan touchpad tambahan seperti menggunakan mouse eksternal. Ini bisa mematikan fungsi touchpad laptop secara otomatis. Meskipun ini merupakan langkah terakhir yang bisa anda lakukan, namun ini sangat membantu anda mengatasi fungsinya.

Dengan langkah ini, anda bisa memilih untuk menggunakan mouse yang mana tersambung dengan kabel seperti biasanya, atau bahkan yang lebih simple lagi bisa menggunakan wireless. Ini merupakan pilihan mouse yang tepat dan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dari segi ketahanan dan keefektifan tergantung pada keinginan anda sendiri tentunya.

BACA JUGA:  Cara Mematikan Laptop yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Namun dalam hal ini, anda perlu memastikan lagi jika touchpad laptop memang sudah mati secara otomatis. Sebab ada beberapa laptop yang mungkin belum menunjang dalam hal ini. Anda bisa melakukan pengecekkan di beberapa tahapan seperti pada ulasan cara mengaktifkan touchpad laptop di atas yang bisa anda ulangi untuk bisa memastikan kembali pastinya.

6. Langkah Terakhir Dengan Melakukan Service Laptop ke Ahlinya

Cara mengaktifkan touchpad laptop jika anda tidak ingin menggunakan mouse tambahan, lakukan langkah terakhir dengan cara melakukan service pada touchpad laptop ke tukang service. Ini merupakan langkah terakhir yang sudah pasti harus dilakukan sendiri oleh ahlinya karena untuk mengatasinya mereka perlu membongkar body laptop tersebut.

Namun pastikan terlebih dahulu anda sudah melakukan semua tahapan di atas dan memang benar tidak bisa menunjang keberhasilan sebelum anda memilih untuk membawanya ke tukang service ta. Ini langkah terakhir yang perlu anda lakukan meskipun mungkin harga untuk melakukan service di official store terbilang lebih mahal namun sudah dijamin aman ya.

Demikian ulasan mengenai beberapa cara mengaktifkan touchpad laptop yang tidak berfungsi dan bisa anda lakukan sendiri meskipun yang terakhir adalah dengan membawanya ke tempat service. Jika anda ingin menjaga touchpad laptop lebih aman maka anda bisa lebih berhati-hati untuk menjaga touchpad dengan menghindari berbagai cairan dan makanan di sekitar laptop.

Perlu anda pahami juga jika anda ingin memperbaiki laptop dengan cara mengaktifkan touchpad laptop di tukang service. Anda harus memilih tukang service yang memang ahli di bidangnya dan paham mengenai tipe laptop yang anda miliki. Untuk itu, official store merupakan pilihan terbaik bagi anda yang ingin membawanya ke tukang service terbaik ya. Selamat mencoba!