Cara Membersihkan iCloud iPhone Paling Mudah dan Aman

Tabloidhape.com – Pengguna iPhone sangat perlu untuk mengetahui cara membersihkan iCloud. Seperti halnya Google Drive milik Android, iPhone juga punya iCloud yang berguna sebagai penyimpanan. iCloud memberikan 5GB ruang untuk para penggunanya secara cuma-cuma.

Hanya saja, ukuran kapasitas sebesar itu masih sering membuat user iPhone merasa kekurangan. Akibatnya, sering muncul notifikasi “storage almost full” yang mengharuskan Anda untuk melakukan pembersihkan iCloud.

Cara Membersihkan iCloud iPhone

Tujuan dari membersihkan iCloud iPhone sendiri tidak lain adalah untuk mengosongkan ruang. Dengan begitu, kapasitas yang tersedia masih cukup banyak. Sehingga, Anda bisa mengisinya kembali dengan file yang dianggap lebih penting, dan berikut cara-caranya

1. Menghapus File dan Data Aplikasi

Cara membersihkan iCloud iPhone yang pertama adalah dengan melakukan penghapusan file dan data aplikasi di dalamnya. Anda harus tahu jika selama menggunakan aplikasi pada iPhone otomatis akan banyak sekali sampah yang menumpuk.

Sampah tersebut dapat berupa chat atau lampiran lama dari perpesanan instan seperti Line, WA, atau sebagainya. Sampai data-data browser yang setiap harinya Anda gunakan pun banyak meninggalkan sampah.

Membersihkan data-data aplikasi pun sama sekali tidak sulit. Silahkan masuk dulu ke menu setting atau pengaturan. Apabila sudah klik akun iCloud milik Anda. Nantinya, akan keluar berupa statistic data yang dipergunakan di iPhone.

Bisa berupa total memori kosong, jumlah memori yang digunakan, hingga file-file dokumen. Jika sudah klik “manage storage”. Dari sini adalah langkah paling penting dalam cara membersihkan iCloud iPhone dengan menghapus file dan data aplikasi.

Pada manage store, Anda bisa melihat apa saja aplikasi yang sedang terinstall pada iPhone. Silahkan cek mana yang banyak menggunakan memori dengan melihat bagian kanan. Apabila sudah menemukannya tap aplikasi tersebut → “delete data”.

Dengan begitu, maka secara otomatis semua data-data dalam aplikasi tersebut terhapus semua. Anda pun tidak perlu panik semua data terhapus, tinggal login saja lagi dan aplikasi dapat berjalan seperti biasanya.

2. Membersihkan iCloud Dengan Menghapus Data Backup

Untuk cara membersihkan iCloud yang satu ini tergolong cukup beresiko. Pasalnya, akan ada tahap dimana Anda harus menghapus data backup yang ada pada iPhone. Tapi tenang, Anda tetap bisa mengatur data backup mana saja yang memang layak dihapus dan tidak.

Anda tinggal masuk ke bagian setting dan klik bagian akun iCloud Anda. Langkah berikutnya tinggal klik “backups” dan akan terlihat jumlah memori backup yang digunakan. Selain itu, muncul juga informasi tentang data-data apa saja yang di-backup.

Anda tinggal pilih-pilih mana yang ingin di backup. Jadi, tidak perlu khawatir jika ada data yang sebenarnya tak ingin dihapus. Setelah itu, pilih “delete backup” maka otomatis terhapus semua.

3. Membersihkan iCloud Dengan Menghapus Foto dan Video

Cara membersihkan iCloud iPhone pun dapat dilakukan dengan menghapus video atau foto yang tidak begitu diperlukan. Anda mungkin tidak sadar jika foto dan video yang selama ini tersimpan di iPhone khususnya punya ukuran besar akan banyak memakan memori.

Caranya masuk saja pada aplikasi foto. Jika sudah buka menu foto yang biasanya berada di bagian bawah. Lihat beberapa video dan foto yang terdapat dalam galeri moment. Pilih saja mana video atau foto yang sekiranya mau dihapus. Apabila telah menentukannya tekan “pilih foto” dan klik ikon tong sampah. Maka foto dan video tadi otomatis akan terhapus.

4. Membersihkan iCloud Dengan Hapus Lampiran Email yang Masuk

Sama seperti Google Drive, ketika Anda mendapatkan email lampiran maka otomatis akan masuk dalam memori backup iPhone. Oleh sebab itu, pengguna harus sering-sering memeriksa apakah ukuran lampiran tersebut tergolong besar atau tidak.

Jika merasa cukup besar ada baiknya rajin dihapus supaya tidak menghabiskan ruang memori iCloud. Cara membersihkan iCloud dengan menghapus lampiran email adalah masuk dulu ke email iPhone.

Apabila sudah bisa langsung cek email-email yang sudah lama. Pilih email yang sekiranya tak dibutuhkan lagi sebanyak mungkin. Setelah itu, tahan dan tekan opsi “delete”, maka otomatis semua email yang dipilih tadi terhapus beserta lampirannya.

5. Membersihkan iCloud Dengan Hapus Cache Aplikasi

Berhubungan dengan poin pertama. Namun kalau yang pertama adalah menghapus data dan kali ini berfokus pada cache aplikasi. Cache aplikasi dapat ditemukan di setting aplikasi yang sudah diinstall. Aplikasi ukuran besar, artinya cache pun makin banyak. Cara hapusnya yaitu:

  • Masuk bagian setting
  • Buka menu aplikasi
  • Pilih aplikasi dengan ukuran yang besar
  • Buka salah satu akun, pilih “reset account cache
  • Memori cache otomatis akan terhapus semuanya

Itu tadi cara membersihkan iCloud iPhone paling mudah. Apple hanya memberikan ruang kapasitas sebesar 5 GB saja. Maka, Anda harus sering-sering membersihkan iCloud supaya bisa tetap menyimpan data maupun file penting sesuai kebutuhan.