Cara Mengganti iCloud dengan Cepat dan Mudah

Tabloidhape.com – iCloud adalah bagian dari Apple dalam upaya memudahkan para penggunanya. Lantas bagaimana cara mengganti iCloud? Secara lengkapnya akan kita bahas pada artikel kali ini.

Apakah Bisa Mengganti iCloud?

Ada banyak sekali fungsi dari layanan Apple yang satu ini. Tidak hanya mencadangkan data, iCloud memiliki storage penyimpan dan berguna menjaga keamanan ponsel.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara mengganti iCloud lama ke iCloud baru pada iPhone. Sebab sangat sayang apabila data penting ponsel tidak dapat diamankan.

Ada sejumlah fitur dari iCloud yang bisa dinikmati oleh pengguna. Akan tetapi fungsi utamanya ialah sebagai identitas Anda sebagai pengguna iPhone. Dimana iCloud berperan sebagai akun pada perangkat Apple yang digunakan.

Beragam layanan Apple juga bisa dijalankan melalui iCloud sebagai akses utama. Contohnya ketika ingin mengunduh aplikasi di Appstore, iCloud dibutuhkan untuk membuka aplikasi tersebut. Sebagai pengguna, Anda tentu harus tau bagaimana cara mengganti iCloud.

Tak jarang akun iCloud masih tersemat di ponsel, utamanya iPhone bekas atau yang ingin Anda jual. Sehingga pengguna perlu mengganti iCloud.

Anda bisa mengganti kata sandi, email, atau mengeluarkan (Log out) akun. Untuk itu, jangan sampai mengabaikan tata cara mengganti iCloud.

Cara Mengganti Akun iCloud Melalui iPhone

Jangan risau ketika Anda membeli ponsel iPhone second atau ingin menjualnya. Ada cara yang dapat dilakukan untuk melepas akun iCloud agar keamanan terjaga.

Keluar dari Akun yang Lama (Log out iCloud)

  1. Cara mengganti iCloud yang pertama yakni buka menu Pengaturan iPhone Anda.
  2. Layar akan menampilkan halaman awal pengguna. Dimana ada foto profil, username, dan akun iCloud. Nah, ketuk menu iCloud untuk memasuki akun.
  3. Gulir hingga layar hingga ditemukan opsi Log out.
  4. Cara mengganti iCloud selanjutnya tekan opsi keluar akun tersebut, dan terakhir masukkan sandi.

Masuk Akun Baru (Log in iCloud)

Setelah melakukan petunjuk log out dengan benar. Maka, selanjutnya ialah tutorial masuk dengan akun baru di perangkat iPhone yang Anda beli.

  1. Langkah awal masuklah ke Pengaturan atau Setting iPhone dan temukan menu iCloud.
  2. Ketuk opsi iCloud yang ada pada bagian atas halaman.
  3. Jika sudah, cara mengganti iCloud yang harus dilakukan berikutnya log-in akun iCloud Anda.
  4. Jika ingin membuat akun Apple ID baru pilihlah opsi Don’t have an Apple ID or Forgot it. Anda bisa melihat opsi ini di bagian bawah kolom password. Kemudian ikuti petunjuk pembuatan ID Apple.
  5. Kemudian cara mengganti iCloud selanjutnya memasukkan email beserta password.
  6. Tekan pilihan Sign in yang ada di sudut kanan atas layar iPhone Anda. Pada proses ini layar perangkat akan redup dengan notifikasi layar Signing into iCloud. Hal ini hanya berlaku selama ID proses log berlangsung dan mengakses data.
  7. Masukan kode password ponsel adalah cara mengganti  iCloud selanjutnya. Password yang dimaksud yakni sandi yang Anda buat ketika membuat Setting Perangkat.
  8. Kemudian pilih opsi Merge jika Anda ingin menyalin data kontak, keynote, kalender ke iCloud. Namun jika tidak ingin menyalin data silahkan ketuk opsi Don’t Merge.
  9. Salin data dengan pilih opsi iCloud lalu tentukan data yang ingin di salin dan simpan dalam akun. Gulir layar untuk menemukan aplikasi apa saja yang bisa diakses menggunakan iCloud.
  10. Selesai, sekarang Anda sudah berhasil mengikuti cara mengganti akun iCloud.

Cara Mengganti iCloud Menggunakan Mac

Selain menggunakan perangkat iPhone atau iPad Anda juga bisa ganti iCloud di Mac. Berikut petunjuk yang bisa dipraktekkan.

  1. Klik ikon apel berwarna hitam di bagian sudut kiri atas.
  2. Usai membuka menu Apple, kemudian ketuk opsi System Preferences yang ada pada menu drop down.
  3. Cara mengganti iCloud ketiga, temukan pilihan iCloud yang terletak di sisi kiri layar.
  4. Jika sudah, gulir ke bawah halaman iCloud dan tekan tombol Sign out.

Dengan cara ini, semua data berupa foto iCloud dan entri kalender akan terhapus dari Mac. Apabila terdapat peringatan berupa pesan saat mencoba log out.

Pesan tersebut bisa jadi disebabkan oleh permasalahan perangkat iOs atau iPhone lainnya. Maka sebelum melakukan tata cara mengganti akun iCloud  terlebih dahulu aktifkan iCloud Keychain.

  1. Usai Sign Out, buka kembali ke menu Apple dan masuk ke System Preferences.
  2.  Selanjutnya sentuh opsi iCloud lalu pada bagian atas kotak dialog, tekan Sign in. Apabila pengguna ingin membuat ID baru, maka sentuh opsi Create Apple ID di bagian bawah layar.
  3. Cara mengganti iClouds dengan memasukkan Apple ID dan password. Pada tahap ini Anda akan dimintai email  dan sandi yang akan terintegrasi dengan ID Apple .
  4. Tekan menu Sign In dan izinkan preferensi iCloud.
  5. Setelah itu tentukan preferensi sinkronisasi data iCloud dengan tanda checklist pada kotak dialog.
  6. Lanjutkan dengan tekan Next, kemudian centang label iCloud Drive.
  7. cara mengganti akun iClouds yang terakhir pilih data yang ingin disinkronkan dengan akun iClouds.

Demikian cara mengganti akun iClouds di iPhone maupun perangkat Mac yang dipraktekkan dengan mudah. Kini Anda sudah bisa membuka data iCloud baik di ponsel maupun komputer.