Cara Mencadangkan iCloud dengan Mudah & Aman

Tabloidhape.com – Hal penting yang harus pengguna iPhone tahu adalah cara mencadangkan iCloud. Mengapa langkah tersebut penting? Simak ulasan berikut.

Mengapa Harus Mencadangkan Data iCloud?

Melakukan pencadangan data merupakan hal penting yang harus dilakukan. Tujuannya ialah data penting tetap bisa diakses ketika suatu ketika iPhone rusak atau hilang. Selain menyimpan salinan data di perangkat lain laptop atau PC. Anda juga bisa menjaga data tetap aman dengan cara mencadangkan iCloud.

Akan tetapi, sayangnya ruang penyimpanan iCloud secara gratis yang diberikan Apple kapasitasnya terbatas yaitu 5 GB. Jika ingin kapasitas penyimpanan perangkat meningkat, maka harus membayar biaya berlangganan. Dengan cara mencadangkan iCloud, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data. Saat pengguna mengaktifkan Cadangan iCloud, pusat data Apple akan mengamankan sandi untuk pencadangan Anda.

Pencadangan ponsel dan pesan memudahkan Anda memulihkan data. Sebab iCloud akan menyertakan pencadangan pesan serta enkripsi. Dimana enkripsi mencakup seluruh item yang ada di dalam Cadangan iCloud.

iCloud itu Apa?

Sebelum membahas cara mencadangkan iCloud, ada baiknya untuk mengetahui iCloud itu apa. iCloud adalah software bawaan Apple yang terintegrasi dengan Apple ID pengguna secara gratis. Yang mana akun ini bisa mencadangkan data iPhone para penggunanya.

Akan tetapi, tidak semua data perangkat bisa dicadangkan oleh iCloud. Misalnya musik atau aplikasi yang dibeli dengan Apple ID tidak akan dicadangkan. Sebab pengguna bisa mendapatkan kembali dengan download secara gratis.

Umumnya kalender, kontak, akan disinkronkan dengan akun email pengguna. Namun ada pula yang sinkron dengan akun iCloud. Itulah mengapa, Anda butuh cara mencadangkan iCloud.

Semestinya iCloud menyimpan data secara online sedari pengguna membuat Apple ID. Apabila sewaktu-waktu Anda mengganti perangkat, data akan mudah dikembalikan di perangkat yang baru. Akan tetapi, untuk mengembalikan data ke ponsel baru, pengguna membutuhkan Apple ID. Sehingga cara mencadangkan iCloud efektif untuk memulihkan akun kapan saja.

Ketika berhasil login menggunakan ID Apple iCloud akan aktif dan data bisa diakses otomatis. Menu iCloud ini bisa Anda temukan dengan mudah di Pengaturan iPhone. Selanjutnya pengguna bisa memilah mana saja data yang ingin dicadangkan.

Cara Mencadangkan Data di iCloud

Ada cara mencadangkan iCloud mudah untuk dipraktekkan. Ikuti langkah demi langkah berikut untuk membuat salinan data perangkat iPhone.

  1. Pertama-tama sambungkan jaringan Wi-Fi ke ponsel Anda.
  2. Jika sudah tersambung, pergi ke menu Setting masuk Appel ID pengguna.
  3. Selanjutnya gulir layar hingga tersedia pilihan iCloud dan klik.
  4. cara mencadangkan iCloud berikutnya Ketuk Cadangan iCloud.
  5. Sentuh pilihan Cadangkan Sekarang. Saat proses ini, pastikan jaringan WiFi stabil dan tersambung dengan perangkat.

Pada bagian bawah menu Cadangkan Sekarang, layar akan menunjukkan waktu dan tanggal terakhir pencadangan data. Apabila ada notifikasi bahwa ruang iCloud Anda tidak mencukupi, maka lakukan pembelian iCloud dengan tagihan per bulan.

1. Mencadangkan iCloud Otomatis

Agar lebih praktis dan efektif, pengguna juga bisa backup data secara otomatis dengan cadangan iCloud. Berikut cara mencadangkan iCloud Otomatis yang dapat Anda ikuti.

  1. Aktifkan Cadangan iCloud ponsel dengan buka Setting, lalu Apple ID,
  2. Kemudian pilih iCloud, dan ketuk opsi Cadangan iCloud yang tersedia ponsel.
  3. Jika sudah, cara mencadangkan iCloud mudah berikutnya temukan sumber listrik.
  4. Anda juga harus memastikan perangkat sudah tersambung dengan jaringan WiFi.
  5. Setelahnya, kunci layar iPhone. iCloud akan memulai mencadangkan data ketika ponsel sedang di charger.
  6. Selama proses berlangsung, pastikan tidak ada notifikasi bahwa ruang iCloud tidak mencukupi.

2. Cadangkan iCloud Menggunakan Data Seluler

Selain menggunakan jaringan WiFi, cara mencadangkan iCloud juga bisa dilakukan melalui data seluler. Namun, perlu diketahui bahwa metode ini berlaku untuk mencadangkan iCloud Drive saja. Berikut tutorial cadangkan dokumen, foto dan data ke iCloud.

  1. Sebagai langkah awal, buka menu Pengaturan iPhone atau ketuk ikon roda gigi tiga.
  2. Usap layar dan ketuk set opsi ke empat menu, yakni iCloud.
  3. Pergi ke akun iCloud, masukkan ID Apple beserta password Anda.
  4. Berikutnya cara cadangkan iCloud yakni klik menu Sign in.
  5. Jika sudah, pilih iCloud drive.
  6. Geser ke posisi aktif atau On pada opsi Use Cellular Data di bagian bawah layar.

Langkah ini akan menyalin informasi foto, dokumen, dan lainnya menggunakan data seluler ketika tidak tersedia Wi-Fi. Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan tutorial di atas. Selain cara cadangkan iCloud di atas hanya berlaku untuk ruang iClouds Drive pada iCloud. Data seluler Anda juga tidak dapat digunakan untuk memperbarui atau membuat berkas yang dicadangkan.

Data-data ponsel yang termasuk dalam iCloud Drive diantaranya dokumen pages, keynote, dan numbers. Kemudian unduhan safari, PDF, dan file yang tersimpan otomatis atau manual di iCloud Drive. Nah, kini Anda menjadi tahu sejumlah tata cara cadangkan iCloud mudah di perangkat. Segera cadangkan data penting untuk menjaganya tetap aman dan mudah di akses.