Layar HP Xiaomi Bergerak Sendiri? Begini Cara Memperbaikinya

Tabloidhape.com – Masalah layar HP Xiaomi bergerak sendiri seringkali menjadi sumber frustrasi bagi para pengguna. Fenomena ini dapat membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan perangkat mereka, terutama saat mengetik atau menjelajahi aplikasi.
Namun, dengan pemahaman yang tepat mengenai penyebab dan solusi yang ada, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum layar HP Xiaomi yang bergerak sendiri dan memberikan solusi praktis untuk mengatasinya.

Cara Megatasi Layar HP Xiaomi Bergerak Sendiri

1. Kekurangan Kalibrasi Layar

Penyebab utama layar HP Xiaomi yang bergerak sendiri adalah ketidaksempurnaan dalam kalibrasi layar. Proses kalibrasi yang tidak sempurna dapat menyebabkan perangkat tidak mampu mendeteksi dengan akurat sentuhan yang dilakukan oleh pengguna. Untungnya, solusinya cukup sederhana.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba melakukan kalibrasi ulang layar pada HP Xiaomi Anda. Langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada model perangkat dan versi sistem operasi yang digunakan. Namun, secara umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Pengaturan ponsel Anda.
  • Cari opsi “Layar” atau “Tampilan” dan buka.
  • Pilih “Kalibrasi Layar” atau “Sesuaikan Sentuhan”.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses kalibrasi.

2. Penyentuhan Tidak Disengaja

Pada beberapa kasus, layar HP Xiaomi yang bergerak sendiri disebabkan oleh sentuhan tidak disengaja pada area layar oleh benda lain, seperti tangan yang menempel saat berada di dalam saku atau tekanan yang dihasilkan oleh benda keras di sekitar perangkat.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda membersihkan layar perangkat dengan lembut dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel atau menekan layar. Jika Anda menggunakan pelindung layar, pastikan pelindung tersebut terpasang dengan baik dan tidak mengganggu respons layar sentuh.

3. Gangguan Perangkat Lunak

Kadang-kadang, gangguan pada perangkat lunak dapat menyebabkan perilaku layar HP Xiaomi yang tidak terduga, termasuk gerakan sendiri. Pembaruan sistem yang tidak lengkap atau adanya aplikasi yang tidak kompatibel dapat menjadi penyebab utama dalam kasus ini.

BACA JUGA:  Cara Menghapus Aplikasi Asli Bawaan Android Tanpa Root

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  • Periksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia dan lakukan pembaruan perangkat lunak jika diperlukan.
  • Pastikan semua aplikasi yang Anda instal telah diperbarui ke versi terbaru.
  • Jika masalah terjadi setelah menginstal aplikasi tertentu, coba hapus aplikasi tersebut atau cari alternatif lain yang kompatibel dengan perangkat Anda.

4. Masalah Perangkat Keras

Kerusakan pada perangkat keras juga dapat menjadi penyebab layar HP Xiaomi yang bergerak sendiri. Koneksi yang longgar antara layar dan motherboard, kerusakan fisik pada komponen layar, atau masalah dengan sensor sentuhan dapat menyebabkan perilaku yang tidak terduga pada layar.

Solusi: Jika Anda mencurigai masalah perangkat keras, sebaiknya bawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Xiaomi atau ahli teknisi yang terpercaya. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memperbaiki masalah perangkat keras yang mungkin ada.

5. Restart atau Reset Perangkat

Jika semua solusi di atas tidak berhasil mengatasi masalah, Anda dapat mencoba menghidupkan ulang perangkat atau melakukan reset pabrik. Restart dapat membantu menghapus sementara masalah perangkat lunak yang mungkin terjadi, sementara reset pabrik akan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal dan menghapus semua data pengguna. Sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Anda mencadangkan semua data penting.

Solusi:

  • Untuk restart perangkat, tahan tombol power sampai menu opsi muncul, lalu pilih opsi restart atau reboot.
  • Untuk reset pabrik, masuk ke Pengaturan, cari opsi “Pemulihan” atau “Backup & Reset,” dan pilih “Reset Pabrik” atau “Kembalikan Pengaturan Pabrik.”

Masalah layar HP Xiaomi yang bergerak sendiri dapat mengganggu pengalaman penggunaan perangkat. Namun, dengan memahami penyebab dan solusi yang ada, Anda dapat mengatasinya dengan efektif.

Mulailah dengan melakukan kalibrasi layar, pastikan tidak ada sentuhan tidak disengaja atau benda asing yang mempengaruhi respons layar, perbarui perangkat lunak secara teratur, dan jika diperlukan, cari bantuan dari pusat layanan resmi Xiaomi atau ahli teknisi.

Dengan mengambil tindakan yang tepat, Anda dapat menikmati penggunaan HP Xiaomi tanpa gangguan dari layar yang bergerak sendiri.

BACA JUGA:  Harga Xiaomi Mi Note Phablet 4G Dengan RAM 3 GB
Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu mengatasi masalah layar HP yang bergerak sendiri. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba:
  1. Touchscreen Repair: Aplikasi ini dapat membantu memperbaiki masalah responsifitas layar sentuh. Touchscreen Repair akan mengkalibrasi ulang sensor sentuh pada perangkat Anda, sehingga membantu mengatasi masalah layar yang bergerak sendiri.
  2. Touchscreen Calibration: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kalibrasi manual pada layar sentuh perangkat Anda. Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur ulang responsivitas layar sentuh agar sesuai dengan preferensi Anda.
  3. Screen Balance: Aplikasi ini membantu memperbaiki masalah kepekaan layar dan memperbaiki masalah layar yang bergerak sendiri. Dengan menggunakan Screen Balance, Anda dapat menyesuaikan sensitivitas sentuhan pada berbagai area layar perangkat Anda.
  4. Ghost Screen Fix: Aplikasi ini dirancang khusus untuk mengatasi masalah “ghost touch” atau layar yang bergerak sendiri. Ghost Screen Fix akan menganalisis dan memperbaiki masalah sentuhan tidak diinginkan pada layar Anda.
  5. Safe Mode: Meskipun bukan aplikasi, mode aman atau safe mode pada perangkat Anda dapat membantu mengidentifikasi apakah masalah layar bergerak sendiri disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Dalam mode ini, hanya aplikasi bawaan yang diizinkan berjalan, sehingga Anda dapat melihat apakah masalah tetap ada atau tidak. Jika masalah tidak terjadi di mode aman, kemungkinan besar ada aplikasi yang menyebabkan masalah tersebut.

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi-aplikasi di atas tidak menjamin pemecahan masalah sepenuhnya. Jika masalah persisten atau semakin parah, disarankan untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi atau mendapatkan bantuan dari teknisi ahli.