Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Cepat, Mudah + Praktis!

Tabloidhape.com – Baik iPhone maupun iCloud sebenarnya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Pasalnya iCloud sendiri adalah sistem penyimpanan yang selalu digunakan semua produk Apple. Sayangnya masih banyak user Apple yang tahu cara mengatasi iCloud penuh di iPhone.

iCloud sama dengan metode penyimpanan lainnya yaitu akan mengalami berkurangnya kapasitas. Faktanya, mau seberapa banyak pun kapasitas penyimpanan tersedia, tetap akan terasa kurang untuk menampung data user iPhone karena terus bertambah tiap hari.

Pada umumnya, kapasitas yang disediakan oleh iCloud sendiri sekitar 5 GB. Kalau dipikir-pikir ini terlalu kecil, dan Anda mungkin sering mendapatkan notifikasi iCloud penuh bukan? Di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi saat dalam kondisi iCloud penuh

Cara Mengatasi Kondisi iCloud Penuh

Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone sangat mudah. Apple sendiri yang memberikan tips pada para penggunanya, walaupun banyak yang belum mengetahuinya. Berikut tips mengatasi iCloud iPhone penuh:

Bersihkan Data dari Aplikasi

Pertama Anda bisa membersihkan sampah yang terbawa dari aplikasi tanpa Anda sadari. Pada dasarnya saat mengunduh atau menggunakan aplikasi seringkali ada cache yang ikut terbawa.

Saat merasa aplikasi itu masih cukup sering digunakan, silahkan Anda bersihkan dulu cache-nya. Namun, apabila sudah tidak digunakan lagi ada baiknya hapus saja aplikasinya supaya tersedia cukup banyak ruang kosong.

Membersihkan cache sangat mudah. Tinggal ke setting lalu masuk iCloud Drive, pilih manage storage dan seleksi mana aplikasi yang tak dibutuhkan lagi. Tinggal delete data saja, dan cara mengatasi iCloud penuh di iPhone ini pun sangat mudah dilakukan.

Menambah Kapasitas

Cara lain adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan dari iCloud. Walaupun begitu, cara ini akan cukup menguras kantong Anda karena ada harga yang perlu dibayar untuk mendapatkan tambahan kapasitas tersebut.

Harga tambahan kapasitas iCloud cukup bervariasi. Rata-rata mulai dari Rp50,000,- an untuk ukuran 50 GB per bulan sampai Rp149.000,- dengan kapasitas 2TB per bulannya. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Membersihkan Data iCloud Dari Email

Cara mengatasi iCloud penuh di iPhone dapat dilakukan dengan cara membersihkan data-data yang tak diperlukan pada email. Mirip semacam sistem operasi Google Drive yang setiap ada lampiran datang dari email, akan otomatis tersimpan dalam iCloud.

Sebagai user iPhone, Anda harus rajin menghapus data-data tersebut. Untuk melakukannya sangat mudah kok. Anda tinggal masuk saja ke aplikasi email milik Anda via iPhone, lalu pilih email spam yang tak dibutuhkan lagi.

Jangan lupa tekan dan tahan untuk memiliki email tersebut. Langkah berikutnya, Anda bisa langsung hapus supaya tidak memenuhi iCloud lagi. Sepertinya tidak ada yang tak mampu melakukannya bukan?

Mengelola File di iCloud

Semua data yang ada di iPhone user nantinya akan secara otomatis tersimpan di iCloud dan mengakibatkan berkurangnya space. Jika ini terjadi cara mengatasi iCloud penuh di iPhone adalah menghapus data dokumen, sampai foto-foto yang sekiranya tak penting.

Pengelolaan yang tepat akan membuat ruang iCloud iPhone Anda menjadi lebih lega. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu pergi ke menu “files” lalu klik “iCloud Drive”. Dari sana Anda bisa mengelola data seperti dokumen, file foto maupun video dengan baik.

Mengurangi Data Backup

Kalau cara ini memang lumayan beresiko karena nantinya Anda akan menghilangkan beberapa data backup. Namun jangan khawatir, karena nanti yang dihapus hanya sebagian saja (cukup yang tidak penting saja). Untuk mengurangi data back up caranya sebagai berikut

  • Masuk menu setting di iPhone
  • Klik iCloud Drive
  • Cari menu pada bagian backup
  • Pilih data yang sekiranya benar-benar tidak penting, usahakan memilihnya dengan hati-hati agar tidak keliru
  • Saat sudah yakin data mana saja yang ingin dihapus bisa langsung dilakukan penghapusan dengan cara klik opsi “klik delete backup
  • Setelah itu, secara otomatis semua data yang dipilih tadi akan terhapus dengan sendirinya

Pilih Aplikasi Tertentu Saja yang Boleh Mencadangkan Data ke iCloud

Ada lagi cara mengatasi iCloud penuh di iPhone yaitu dengan memilih aplikasi mana saja yang diizinkan untuk menyimpan datanya ke iCloud. Caranya pun tak kalah mudah dan sepertinya Anda bisa melakukannya yaitu sebagai berikut:

  • Akses menu setting pada iPhone
  • Klik nama profil iPhone
  • Klik iCloud
  • Muncul apa saja daftar aplikasi yang mencadangkan datanya ke iCloud, nonaktifkan saja sesuai kebutuhan Anda

Jika sudah dinonaktifkan, pada umumnya aplikasi tak akan lagi bisa menyimpan data sampai Anda mengaktifkannya kembali. Dengan metode ini, walaupun sedikit namun masih bisa menghemat kapasitas penyimpanan iCloud Anda.

Berlangganan iCloud

Alternatif terakhir jika iCloud penuh di iPhone adalah Anda dapat berlangganan penyimpanan iCloud yang menawarkan kapasitas lebih besar. Walaupun Anda harus menyiapkan uang per bulan. Biasanya harga yang ditawarkan yaitu:

  • 50 GB/bulan = Rp15.000,-
  • 200 GB/Bulan = Rp 45.000,-
  • 2 TB/Bulan = Rp 149.000,-

Itu dia tadi bagaimana cara mengatasi iCloud penuh di iPhone. Semua sangat mudah diaplikasikan bahkan buat Anda yang pemula sekalipun. Mulai sekarang jangan langsung panik jika kapasitas iCloud mulai penuh, pakai saja salah satu cara di atas.